Popularitas Partai Politik

Survei dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) secara nasional pada 8-18 Februari 2009. Jumlah sampel sebanyak 2.455 orang dengan tingkat keyakinan 95 persen. Responden adalah seluruh warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih dalam pemilihan umum, yaitu yang berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Penarikan sample dilakukan dengan Metode Multistage Random Sampling.

Dalam pandangan masyarakat, Partai Demokrat adalah partai yang paling bersih dari korupsi (25 persen), partai kedua terbersih adalah PKS (9 persen), PDIP (7 persen), sementara Partai Golkar menempati urutan keempat dalam masalah korupsi (5 persen).

Citra Partai Demokrat sebagai partai paling bersih dari korupsi mengalami fluktuasi sejak Oktober 2008. Di bulan Desember, pandangan masyarakat sedemikian tinggi yaitu sebesar 26 persen (dibandingkan bulan Oktober 2008 sebesar 11 persen). Namun, partai ini tetap menduduki posisi partai terbersih dari korupsi sejak bulan Oktober 2008.

Partai yang paling bagus programnya untuk rakyat masih dipegang oleh Partai Demokrat. Kecuali itu, partai ini di mata masyarakat semakin populer dari sisi program-programnya, yang ditunjukkan oleh peningkatan pilihan masyarakat, yaitu 15 persen di bulan Maret 2008, 25 persen di bulan Desember 2008 dan 28 persen di bulan Februari 2009. Sementara, Partai Golkar sebagai partner di pemerintahan hanya menduduki posisi kedua dengan nilai yang secara signifikan rendah dibandingkan Partai Demokrat, yaitu 12 persen di bulan Oktober 2008, 9 persen di bulan Desember 2008 dan 10 persen di bulan Februari 2009. PDIP menempati urutan ketiga. Yang mencengangkan adalah Partai Gerindra sebagai partai baru yang dapat mengalahkan PKS dari sisi program kerjanya. Partai ini berada di posisi keempat, sementara PKS hanya menduduki posisi kelima.

Dari sisi kepedulian terhadap keinginan rakyat, masyarakat (28 persen) memilih Partai Demokrat sebagai partai yang paling peduli, PDIP dipilih hanya 12 persen, dan Partai Golkar hanya 10 persen. Untuk variabel ini, Partai Gerindra menempati posisi yang sama dengan PKS dipilih hanya sebanyak 6 persen.

Kawanan Pembunuh Mirna Bermodus Begal Ditangkap, Polisi Curiga Ada Motif Lain Pelaku

Data lengkap dapatĀ  diklik attachment (Citra Partai Politik Feb 2009).

Ryan Wibawa, Juara Dunia  Di  Specialty Coffee Expo 2024

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Kopi Indonesia terpilih menjadi salah satu terbaik kopi yang dipamerkan di Specialty Coffee Expo 2024, yang di gelar di Chicago, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024