Sekolah Khusus IQ Tinggi Diresmikan 15 Maret

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan meresmikan sekolah menengah atas atau SMA khusus pelajar cerdas. Hanya anak yang memiliki IQ (Intelegensia Quotient) tinggi yang diterima.

Sekolah itu bernama SMA Negeri Unggulan Muhammad Husni Thamrin. "Sekolah ini akan diresmikan 15 Maret oleh Gubernur," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi, saat open house di sekolah tersebut, Jumat 13 Maret 2009.

Kegiatan belajar mengajar akan dimulai pada tahun ajaran ini sekitar bulan Juli. Seleksi penerimaan siswa baru akan diadakan setelah peresmian. Syaratnya memiliki IQ 120-140, bisa berbahasa inggris, nilai pelajaran eksakta (Matematika, Biologi dan Fisika) minimal 8. 

Sekolah unggulan itu memiliki 36 ruang belajar dengan fasilitas sistem belajar berbasis teknologi informasi. Setiap kelas diberi jatah 12 ruang belajar. Tahap awal hanya akan menerima 216 siswa kelas I untuk 9 kelas. "Satu kelas 24 siswa," ujarnya.

Sekolah unggulan itu dibangun sejak 2007 dengan anggaran mencapai Rp 77,7 miliar untuk pembangunan fisik dan Rp 21 miliar untuk pengadaan barang. Sekolah itu menempati lahan seluas 37 ribu meter persegi di Jalan Bambu Wulung, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur. 

Taufik belum dapat merinci biaya sekolah di Muhammad Husni Thamrin. Operasionalisasi kegiatan belajar akan disokong APBD sebesar 50 persen. "Sebagian APBN dan sisanya masyarakat," ujarnya. 

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024