Sekolah Dekat Fast-Food Bikin Anak Gendut

VIVAnews - Restoran fast-food yang berjarak hingga 500 kaki dari sekolah memungkinkan peningkatan obesitas pada siswa sekolah tersebut hingga lima persen.

Menurut hasil studi yang diterbitkan American Association of Wine Economist, yang melibatkan sejumlah ahli ekonomi asal Columbia University dan University California-Berkeley, restoran fast-food yang lokasinya dekat dengan sekolah-sekolah berdampak signifikan terhadap tingkat obesitas siswa-siswa di sekolah tersebut.

Adapun sampel penelitian yang dipilih para peneliti adalah tiga juta siswa kelas tiga SMP dari beberapa sekolah di California. Sampel yang rata-rata berusia 14 tahun itu dipilih karena para siswa telah melewati tes fitnes sepanjang musim semi lalu, di mana selama 30 minggu mereka dibebaskan mengonsumsi fast food.

"Adanya restoran yang berjarak dekat ke suatu sekolah, setidak-tidaknya kurang lebih satu per sepuluh mil, dapat meningkatkan obesitas sekitar 5,2 persen pada siswa di sekolah tersebut," papar peneliti dalam laporan studinya.

Dalam studi lain yang dirilis Desember silam oleh konferensi American Stroke Association, University of Michigan, ditemukan pula bahwa sejumlah remaja yang bersekolah dekat outlet fast food, yakni berjarak sekitar setengah mil, jarang memakan buah dan sayur-sayuran. Para remaja cenderung sering mengonsumsi soda dan segala jenis makanan yang membuat mereka lebih gendut dibandingkan siswa di sekolah lain.

"Jelas sudah, restoran fast food yang berdekatan dengan sekolah menyebabkan obesitas meningkat pada siswa-siswanya. Saya kira dengan kebijakan membuat daerah bebas fast food bisa menjadi solusi yang tepat," kata Janet Currie, kepala peneliti asal Wine Economist.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024