Inilah Kondom Wanita Generasi Terbaru

VIVAnews - Kondom memang bukan kata yang asing lagi bagi pasangan dewasa. Karena, alat pengaman bermaterial karet ini dinilai cukup membantu kedua pasangan bila ingin mencegah kehamilan yang tak disengaja akibat berhubungan seks.

Baru-baru ini kondom untuk wanita generasi kedua atau Female Condom 2 (FC2) yang baru diciptakan pabrik kondom wanita The Female Health Company (FHC) akhir tahun lalu, telah melalui tes ujicoba dan diterima oleh Administrasi Makanan dan Obat-Obatan Amerika Serikat (Food and Drug Administration US) sebagai alat pengaman yang terbukti mampu melindungi perempuan mencegah kehamilan dan kemungkinan terinfeksinya penyakit kelamin.

Meskipun memiliki desain dan performa yang mirip dengan kondom generasi pertama atau FC1, material kondom keduanya berbeda. 

"FC2 terbuat dari karet sintetis yang disebut nitrile. Disinyalir dengan bahan ini kemungkinan infeksi ataupun penyebaran penyakit kelamin melalui hubungan seksual lebih kecil dibandingkan FC1, terutama penyebaran virus HIV atau AIDS," ujar juru bicara FHC, yang dikutip VIVAnews dari HealthDay, Sabtu 15 Maret 2009.

FC2, yang harganya lebih murah 30 persen dibandingkan FC1, sekarang ini telah tersedia di apotek dan pasar retail Amerika Serikat. Bahkan, beberapa waktu ke depan, USAID (US Agency for International Development) akan mendistribusikannya secara global.

"Sebelumnya, FC1 telah didistribusikan melalui agen PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) di 142 negara dengan tujuan yang sama," kata jurubicara FHC.

September lalu, FHC telah menerima pesanan 4,3 juta FC2 untuk Papua New Guinea dari AusAID (Australian Government's Overseas Aid Program). Langkah ini untuk mengurangi penyebaran infeksi AIDS di negara tersebut yang disinyalir mencapai sekitar 70 persen dari total infeksi AIDS di benua Australia.

Selain Narkoba, Ini Deretan Kontroversi Selebgram Chandrika Chika
Chandrika Chika.

5 Fakta Selebgram Chandrika Chika Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Kabar menghebohkan datang dari selebgram Chandrika Chika yang resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan kasus narkoba. Chika dicokok oleh polisi bersama lima orang.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024