Valuasi London Sumatra Masih Menarik

VIVAnews - Riset PT BNI Securities menyebutkan, valuasi PTĀ  PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) berdasarkan price to earning ratio (PER) dan enterprise value per hektare (EV/Ha) masih menarik. Valuasi tersebut di bawah rata-rata perusahan sejenis di Indonesia maupun di Malaysia.

"Untuk itu, kami merekomendasikan hold untuk saham London Sumatra, karena harga penutupan terakhir masih berdekatan dengan harga wajar kami," kata analis BNI Securities, Asti Pohan, dalam risetnya tentang London Sumatra edisi Senin 16 Maret 2009.

Riset itu menyebutkan, pada 2008, perseroan mencatatkan penjualan Rp 3,8 triliun, atau meningkat dibanding tahun sebelumnya Rp 2,9 triliun. Penjualan tersebut naik sebesar 33 persen.

Sementara itu, laba bersih perusahaan tercatat meningkat 64 persen dari tahun sebelumnya Rp 564 miliar menjadi Rp 928 miliar.

"Kenaikan sebesar 33 tersebut disebabkan oleh peningkatan harga komoditas, bukan sekadar volume," ujarnya.

Penutupan perkebunan perusahaan di Kalimantan, berdampak positif bagi operasional London Sumatra, sehingga laba kotor naik 29 persen. Kenaikan tersebut menunjukkan kemampuan perseroan dalam memperoleh laba seiring kenaikan harga pupuk selama 2008.

"Prediksi kami sesuai dengan angka aktual yang dikeluarkan perusahaan," ujarnya.

Namun, dia melanjutkan, pada 2009, penjualan dan laba bersih perseroan juga sangat dipengaruhi oleh pergerakan harga komoditas.

"Harga komoditas kelapa sawit mentah kami prediksi turun hingga rata-rata
US$ 650 per ton tahun ini," katanya. "Harga itu turun 30 persen dari rata-rata 2008 sebesar US$ 924 per ton".

Kondisi itu memberikan acuan bagi BNI Securities untuk memproyeksikan penurunan laba bersih per saham (earning per share/EPS) perseroan dari Rp 682 per unit pada 2008 menjadi Rp 464 per unit.

"Perhitungan harga wajar LSIP dengan menggunakan metode discounted cash flow (DCF) Rp 3.000," tuturnya.

Respons Keluarga Via Vallen Soal Penggerudukan dan Dugaan Penggelapan Motor
Cek hipertensi atau darah tinggi.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi medis yang umum di mana tekanan darah dalam arteri meningkat. Untuk mengurangi masalah ini, salah satunya makanan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024