Kampanye Pemilu 2009

SBY Pesan Kampanye Damai Kepada Para Menteri

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pesan membuka putaran kampanye rapat umum di Istana Negara. Yudhoyono meminta masyarakat mensukseskan Pemilu 2009 dengan cara menunaikan hak pilihnya.

Presiden mengajak rakyat optimistis mensukseskan pemilu 2009 dan menjawab tantangan sejarah Indonesia sebagai negara demokrasi yang matang. "Pada kesempatan yang baik ini, saya berpesan untuk melakukan rapat umum dengan tertib dan penuh tanggung jawab dan menjunjung tinggi kampanye yang damai," kata Yudhoyono di Istana, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin 16 Maret 2009.

Yudhoyono juga memberikan pesan khusus pada aparatur negara dan penyelenggara Pemilu yang hadir di Istana Negara. Antara lain yang ikut mendengarkan adalah anggota Kabinet Indonesia Bersatu, Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso, Ketua Komisi Pemilihan Umum Abdul Hafiz Anshary dan Ketua Badan Pengawas Pemilu, Nur Hidayat Sardini.

"Pada pejabat negara, agar tetap mematuhi seluruh ketentuan yang berlaku dan tidak menyalahgunakan kewenangan. ari kita beri teladan dalam penyelenggaraan Pemilu yang damai," kata Yudhoyono.

Supaya pelayanan masyarakat, Presiden menginstruksikan pelayanan masyarakat tidak boleh terganggu. Aparatur negara harus terus melayani masyarakat apalagi di tengah krisis ekonomi global seperti saat ini.

Pada KPU, presiden meminta agar terus bekerja keras memantapkan sinergi dan mensosialisasikan peraturan Pemilu dan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 01 Tahun 2009 tentang rekapitulasi data pemilih. "Pastikan pemilih terdata dengan benar," ujar Yudhoyono.

Sementara untuk Bawaslu, SBY memtanya secara efektif mengawasi jalannya Pemilu sehingga seluruh pelaksanaan

pemilu bisa berjalan tertib dan demokratis. Kepada pemerintah daerah, SBY berpesan agar membantu KPU di seluruh daerah tertutama agar surat suara dapat sampai tepat waktu.

Untuk Polri dan TNI, SBY meminta agar jajaran kepolisian bersikap antisipatif mencegah gangguan keamanan sesuai ketentuan hukum yang berlaku. "Pertahankan netralitas TNI dan Polri," ujar Yudhoyono.

Ahmad Ali Temui Prabowo, Sekjen Nasdem: Bagian dari Silaturahmi, Pak Prabowo Pernah ke Sini
Harmoni Energi Sehat

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan

Salah satu langkah konkret yang diambil dalam merayakan Hari Kartini adalah meluncurkan Harmoni Energi Sehat (HES), sebuah inisiatif yang bertujuan meningkatkan kesehatan

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024