Lima Bupati di Jabar Minta Izin Cuti Kampanye

VIVAnews - Lima dari 26 kepala daerah di Jawa Barat, hari ini, Selasa 16 Maret 2009 mengajukan Cuti Kampanye. Mereka adalah Bupati Subang Eep Hidayat, Bupati Bogor Rahmat Yasin, Wakil Bupati Bogor Karyawan Faturohman, Bupati Ciamis Engkon Komara, walikota Banjar Herman Sutrino dan Wakil Bupati Bandung Yadi Srimulyadi.

Sedangkan Bupati Bandung Obar Sobarna izin cutinya tidak diproes karena pengajuannya hanya pada hari libur.

Menurut Gubernur Jawa Barat Achmad Heryawan, meski para kepala daerah tersebut mengajukan cuti kampanye, namun roda pemerintahan tetap akan berjalan normal. "Saya telah mewanti-wanti kepada mereka agar netralitasnya dipertahankan," ujarnya di Gedung Sate Bandung.

Selain itu, para kepala daerah terebut, tambah Heryawan, dilarang menggunakan fasilitas dan anggaran negara. Misalnya kendaraan dinas dan sarana negara lainnya.

"Selama cuti mereka akan diawasi ketat oleh panwaslu dan KPU. Begitu pula dengan pemberian sanksinya, bila kepala daerah itu melanggar selama cuti kampanye," ujarnya.

Sementara itu, disinggung apakah dirinya akan mengajkan cuti, Heryawan menyatakan, dirinya tidak akan terlibat dalam kampanye nanti.

"Saya akan Jalan-jalan saja memantau keadaan Jabar. Tidak akan cuti," imbuhnya.

Laporan: Sigit Zulmunir | Bandung

Ahli Nuklir UGM Jadi DPO Kasus Penggelapan Rp 9,2 Miliar, Begini Kronologinya
Ilustrasi peta dunia.

10 Negara Terluas di Dunia, Indonesia Ada di Urutan Berapa?

Meskipun Indonesia adalah negara yang luas, membentang dari Sabang hingga Merauke, namun kenyataannya, Indonesia tidak masuk 10 negara terluas di dunia.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024