Facebook Bantu Ciduk Pelaku Kerusuhan

VIVAnews - Kepolisian Manchester, Inggris, menangkap lima pria yang dianggap terlibat dalam kerusuhan Final Piala UEFA tahun lalu.

3.37 Mln Hectares Palm Plantation Inside Forest Area, KLHK Identifies

Pelaku memiliki rentang usia 21 hingga 36 tahun dan sudah ditahan sejak Senin pagi, 16 Maret 2009.

Kelimanya ditahan setelah pihak kepolisian mempelajari video CCTV, foto, serta rekaman dari Facebook dan YouTube yang terekam saat kerusuhan terjadi Mei 2008. 49 orang yang dicurigai diinnterogasi dan hanya lima di antaranya yang masuk bui.

"Kerusuhan yang terjadi 14 Mei 2008 lalu sangat membekas untuk GMP (Kepolisian Manchester) dan warga lokal," kata Detektif pemimpin investigasi, Geoff Wessell, seperti dilansir harian The Guardian

"Operasi ini bertujuan agar para pelaku mempertanggungjawabkan kelakuannya. Tapi ingat, ini karena kita menghadapi kekerasan dalam skala besar," tambahnya.

Kerusuhan Final Piala UEFA 2008 yang mempertemukan Zenit St. Petersburg dengan Glasgow Rangers terjadi di pusat kota Manchester. Hal ini bermula dari layar raksasa yang harusnya menyiarkan pertandingan tak berfungsi.

AC Milan Jangan Gegabah Ganti Pioli dengan Conte

Akibatnya, sebanyak 150 ribu fans yang kebanyakan sudah mabuk, mengamuk. Adu fisik pun terjadi antara petugas kepolisian dengan fans di jalan hingga menimbulkan kerusakan yang cukup parah. 

Dan sebagai bentuk keseriusan pengusutan kasus ini, polisi GMP sengaja meluncurkan operasi Gale. Hasilnya, terciduklah kelima orang tersangka yang kesemuanya merupakan fans Rangers.

Belum ditentukan berapa lama hukuman yang akan diterima kelimanya. Yang jelas saat ini mereka harus meringkuk di penjara Manchester.

Mau Lebaran, Dua Kepala Sekolah Malah Jadi Tersangka Korupsi PPPK di Langkat
Catherine Wilson

Catherine Wilson Tuntut Nafkah Rp100 Juta Per Bulan, Idham Masse Ungkap Hal Mengejutkan

Kata Catherine Wilson, suaminya sempat janji untuk menafkahinya Rp100 juta per bulan. Hal tersebut sudah tertuang di perjanjian pranikah Idham Masse dan Chatherine

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024