Lelang SUN Siap Digelar Lagi 24 Maret

VIVAnews - Pemerintah akan melakukan lagi lelang surat utang negara dalam mata uang rupiah pada Selasa 24 Maret 2009 nanti. Dari dua seri SUN yang akan dilepas ini, pemerintah menetapkan target indikatif Rp 2 triliun.

Lelang ini berdasarkan keterangan tertulis Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Depkeu, Kamis 19 Maret 2009, dilakukan untuk memenuhi target pembiayaan dalam APBN 2009.

Surat Utang Negara yang akan dilelang mempunyai nominal per unit sebesar satu juta rupiah dengan seri-seri sebagai berikut:

a. Seri SPN20100311 (reopening) dengan pembayaran bunga secara diskonto dan jatuh tempo tanggal 11 Maret 2010.
b. Seri FR0030 (reopening) dengan tingkat bunga tetap (fixed rate) sebesar 10,75 persen dan jatuh tempo tanggal 15 Mei 2016. Pembayaran kupon dilakukan setiap tanggal 15 Mei dan 15 November.

Penjualan SUN tersebut akan dilaksanakan dengan menggunakan sistem pelelangan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia. Lelang bersifat terbuka (open auction), menggunakan metode harga beragam (multiple price).

Pemenang lelang yang mengajukan penawaran pembelian kompetitif (competitive bids) akan membayar sesuai dengan yield yang diajukan. Pemenang lelang yang mengajukan penawaran pembelian non-kompetitif (non-competitive bids) akan membayar sesuai dengan yield rata-rata tertimbang (weighted average yield) dari penawaran pembelian kompetitif yang dinyatakan menang.

Nantinya peserta Lelang dapat mengajukan penawaran pembelian kompetitif dan non-kompetitif. Alokasi pembelian non-kompetitif untuk SUN seri SPN20100311 adalah sebesar 50 persen dari target indikatif, sedangkan untuk SUN seri FR0030 sebesar 20 persen dari total yang dimenangkan.

Saham Berdividen, Pilihan Terbaik untuk Investor Konservatif
Ilustrasi Gedung KPK.

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

KPK mengingatkan tingaal tiga hari lagi tenggat waktu bagi pejabat negara, termasuk menteri untuk melaporkan LHKPN.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024