Sainah Pungut

Ikhlas Meski Harus Tidur di Pos Ronda

VIVAnews - Masih ingat kisah Devi? Perempuan yang meregang nyawa di pos ronda Pamulang beberapa waktu lalu. Di balik kisahnya, ternyata ada seorang wanita mulia yang turut memperjuangkan hidup Devi.

Adalah Sainah Pungut, 65, yang dengan tulus merawat Devi selama sepekan di pos ronda. Padahal ia tak mengenal Devi. Ia hanya mengikuti kata hati saat menemukan seseorang dalam kondisi mengenaskan di dekat rumahnya.

Suatu pagi, Senin 16 Februari, Sainah tak sengaja melihat seorang perempuan sedang diolok-olok sebagai orang gila, depan Sekolah Dasar 01/02 Pamulang Timur. Pandangan perempuan itu kosong. Pakaiannya lengkap, tapi tidak mengenakan pakaian dalam.

Hati kecil Sainah iba. Ia lantas membawa perempuan itu ke pos ronda bambu berukuran 2x3 meter di kampungnya. Ia bawakan selimut dan bantal untuk perempuan yang mengaku sebagai korban pemerkosaan.

Sejak saat itu, hari-harinya disibukkan mengurus si perempuan malang. Jiwa keibuannya timbul. Dengan tangannya, Sainah menyuapi, memandikan, dan mengganti baju perempuan yang mengaku bernama Devi. "Saya sudah anggap dia seperti anak sendiri, karena saya sudah tidak punya anak dan suami," ujarnya.

Kehadiran Devi membuat hidup Sainah berwarna. Devi sukses mengisi kekosongan hidup Sainah yang bertahun-tahun hidup sebatang kara. Bahkan, ia rela menemani Devi tidur di pos ronda. "Saya sayang sekali dengan dia, anaknya baik dan cantik," tuturnya.

Sainah pula yang mengkoordinir warga setempat patungan uang untuk membiayai pengobatan Devi. Membeli cairan infus, membeli obat, hingga menyediakan pakaian dan makanan untuk Devi. Sainah terpaksa merawat Devi di pos ronda lantaran aparat tak menghirauan laporan warga. Ia sengaja tak membawa Devi ke rumahnya agar para tetangga bisa membantu mengawasi Devi. 

Hanya enam hari Sainah mendapat kesempatan merawat Devi. Sabtu pagi 21 Februari, polisi membawa Devi ke rumah sakit hingga akhirnya perempuan asal Cirebon itu meninggal pada Senin pagi 23 Februari.

Kepergian Devi, membuat Sainah berduka. Rasa kehilangan yang cukup dalam itu jugalah yang membuat Sainah sampai menggelar tahlilan untuk Devi. "Dia menjadi sangat berarti buat hidup saya," ujarnya.

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto di acara Musrenbang Jambi 2025

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menyingung terkait dengan lahan di Sungai Penuh yang bisa dimanfaatkan menjadi lumbung ketahanan pangan. 

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024