Ketegangan di Semenanjung Korea

China Minta Korut Kembali ke Forum 6 Negara

VIVAnews - Presiden China Hu Jintao meminta Korea Utara (Korut) kembali mengikuti forum perundingan enam negara (six-party talks) mengenai penghentian program pengembangan nuklir mereka. Permintaan itu disampaikan saat menerima perdana menteri Korut Kim Yong-il.

Kim berada di China untuk membahas kerja sama perdagangan sekaligus dalam rangka peringatan 60 tahun hubungan bilateral Korut dan China.

"Saya meminta perdana menteri Korut Kim Yong-il bekerja sama untuk melanjutkan pembicaraan dalam forum enam negara yang tertunda sejak Desember tahun lalu," kata Hu di Beijing seperti dikutip laman stasiun televisi BBC, Jumat 20 Maret 2009 .

Forum yang diikuti Amerika Serikat (AS), Jepang, China, Rusia, Korut, dan Korea Selatan (Korsel) ini bertujuan membicarakan bantuan kemanusiaan yang akan diberikan ke Korut jika negara komunis itu mau menghentikan program nuklir mereka.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Kendati telah melakukan lima pertemuan dalam kurun waktu 2003 - 2007, forum enam negara sempat menghasilkan kesepakatan yang berarti saat Korut setuju menghentikan kegiatan di semua fasilitas nuklir demi mendapat bantuan bahan bakar sekaligus berupaya memulihkan hubungan dengan AS dan Jepang. 

Maka, Hu menyatakan China siap membantu memulai pembicaraan baru dalam forum itu.

"Kami harap semua kelompok mempertimbangkan situasi secara menyeluruh, menyelesaikan masalah mereka dan mendorong perkembangan forum enam negara," ujar Hu seperti dikutip kantor berita Xinhua.

Juru bicara departemen luar negeri China, Qin Gang, menolak menjelaskan langkah-langkah yang akan diambil China. Namun Qin mengatakan China berharap pembicaraan enam negara dapat dilaksanakan secepatnya.

Situasi di sekitar semenanjung Korea memanas menjelang peluncuran roket Korut, yang mengaku akan membawa satelit komunikasi ke angkasa luar, awal April mendatang. Kantor berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap, menyatakan pemerintah Korut telah melapor kepada organisasi-organisasi internasional mengenai roket yang rencananya akan diluncurkan antara tanggal 4 hingga 8 April mendatang.

Sejumlah negara menuduh peluncuran satelit ini hanya muslihat untuk penembakan rudal jarak jauh Taepodong-2. Pasalnya alasan peluncuran satelit pernah dipakai Korut ketika mencoba menembakkan rudal Taepodong-1 ke Jepang pada 1998.

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024