11 Vaksinasi pada Balita Dikaji

VIVAnews - Departemen Kesehatan akan mengkaji kembali pemberian vaksinasi pada anak bawah lima tahun. "Akan kita tinjau kembali," kata Menteri Kesehatan Siti Fadillah Supari di Departemen Kesehatan, Jakarta, Jumat 20 Maret 2009.

Pengkajian itu, kata dia, dilakukan karena di beberapa kota Indonesia vaksinasi balita ada sebelas vaksin yang diberikan selain yang dianjurkan.

"Tapi kita tidak tahu dasarnya, makanya akan kita kaji berdasarkan evidance base-nya," kata Siti. Pemberian vaksin di luar yang dianjurkan itu, kata dia, memang tidak berbahaya. "Tapi pasti ada efek sampingnya," jelas dia.

Selama ini Pemerintah hanya menganjurkan pemberian vaksin sebanyak empat macam. Antara lain Vaksin Polio, Campak, DPT (Difteri, Pertusis dan Tetanus) dan BCG (Bacillus Calmette-Guerin).

Vaksin BCG berupa bakteri tuberculosis bacillus yang telah dilemahkan yang digunakan untuk mencegah penyakit tuberculosis (TBC). Vaksin BCG terbukti 80% efektif mencegah TBC selama 15 tahun, namun efeknya bergantung pada keadaan geografis. Imunisasi BCG hanya dilakukan sekali yakni ketika bayi berusia 0-11 bulan.

DPT (Difteri, Pertusis dan Tetanus) merupakan campuran dari tiga vaksin yang diberikan untuk memberikan kekebalan pada tubuh terhadap penyakit difteri, pertusis, dan tetanus. Vaksin ini diberikan tiga kali pada bayi usia 2-11 bulan dengan jarak waktu antar pemberian  minimal empat minggu. Kemudian diberikan lagi pada umur 18 bulan dan 5 tahun.

Vaksin Polio biasanya diberikan kepada anak-anak dengan meneteskannya ke dalam mulut untuk mencegah terjadinya penularan virus polio dari lingkungan. Imunisasi pertama kali dilakukan setelah bayi lahir, dilanjutkan pada usia 2, 4, 6, dan 18 bulan. Yang terakhir, vaksin polio diberikan saat berumur 4 hingga 6 tahun. Vaksin polio dapat dikombinasikan dengan vaksin DPT.

Sementara Penyakit campak hanya menyerang satu kali dalam seumur hidup. Imunisasi ini dilakukan satu kali pada bayi usia 9-11 bulan dengan disuntik pada bagian lengan atas.

Jaksa Sebut SYL Bayar Tagihan Kartu Kredit Ratusan Juta Pakai Uang Hasil Korupsi di Kementan
Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi

Mantan Kasubag Rumah Tangga Biro Umum dan Pengadaan Kementan, Isnar Widodo turut mengungkapkan ada permintaan reimburse untuk biaya ultah cucu SYL ke Kementan

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024