Jenuh Udara Panas Ibukota

Dimana 100 Kawasan Hijau di Jakarta

VIVAnews - Masyarakat Jakarta yang jenuh dengan udara panas, mungkin bisa sedikit terbantu dengan munculnya peta 100 kawasan di ibukota yang masuk kriteria hijau. Selain aspek lingkungan, peta itu juga menawarkan sumber daya budaya dan segi kehidupan berkelanjutan.

"Peta hijau ini sudah masuk edisi cetak kelima," ujar Pengamat Lingkungan Nirwono Joga dalam Talkshow Green Lifestyle di The 8th Edition of Annual Event Renovation and Construction Expo di Jacarta Convention Center, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, 21 Maret 2008.

Menurut Nirwono, kawasan di Jakarta yang sudah memiliki konsep hijau di antaranya adalah daerah Menteng, Kebayoran Baru, dan Kelurahan Rawa Jati Pancoran. "Penentuan daerah ini kami peroleh dari hasil survei," ujar dia.

Lokasi kawasan menarik lain yang masuk dalam peta hijau tersebut adalah kota tua Jakarta, Taman Medan Merdeka, Museum Taman Prasasti, Taman Menteng, Pasar Festival, TPU Menteng Pulo, Taman Ismail Marzuki, Senayan, Kampung Hijau, dan Kebun Binatang Ragunan.

Nirwono mengatakan konsep peta hijau kali ini menampilkan kawasan-kawasan di Jakarta berbasiskan transportasi publik ramah lingkungan. Penentuan titik-titik lokasi dalam peta tersebut didasarkan pada survei dan hasil informasi masyarakat.

Peta hijau mengajak warga untuk menjelajah potensi wisata alternatif dalam kota yang ramah lingkungan, menyosialisasikan pendidikan alam, dan berharap mengubah perilaku hidup masyarakat Jakarta.

Bantu Israel Tahan Serangan Teheran, Menlu Iran Temui Menlu Yordania
Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Masa Penahanan Harvey Moeis Diperpanjang, Kejagung Ungkap Alasannya

Adapun masa penahanan Harvey Moeis diperpanjang selama 40 hari ke depan mulai 16 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024