Pemilu 2009

750 Surat Suara Sudah Tercontreng Caleg PKS

VIVAnews - Sebanyak 750 surat suara yang didistribusikan untuk wilayah Cimanggis ditemukan sudah tercontreng warna tinta merah pada caleg nomor urut tiga bernama Ma'muri Raskaman, dari Partai Keadilan Sejahtera.

Tanda itu ditemukan oleh tenaga pelipat surat suara yang melakukan pelipatan pada sabtu, 21 Maret 2009 di kantor kecamatan Cimanggis, Depok.

Menurut para tenaga pelipat, dari 10 kardus yang menjadi jatah kerjanya sebagian surat pada tiga kardus sudah tercontreng, atau 750 lembar surat.

"Saya menemukan di dalam tiga kardus dimana satu kardus ditemukan sekitar 250 surat suara yang seperti itu atau yang sudah ditandai," kata tenaga pelipat itu.

Awalnya mereka menduga hal tersebut adalah ketidaksengajaan, atau kesalahan dari percetakan saja. Tetapi, banyak kertas suara lainnya yang ditemukan tanda yang sama. Khawatir akan merugikan pihak lain, para pelipat suara melaporkan hal itu ke Pengawas. 

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Cimanggis, Supriadi, tanda garis merah atau contrengan itu diluar pengawasan panitia. Saat ini hasil koordinasi antara Panitia Pengawas Kecamatan dan Panitia Pemilihan Kecamatan untuk mengklarifikasi temuan itu, belum dikeluarkan.

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Bakal Demo di Gedung MK, Begini Pesan Cawapres Terpilih

Kini, Panitia Pemilihan Kecamatan membongkar kembali dus-dus dan surat suara yang sudah di lipat untuk diperiksa. Bila memang ditemukan ada 750 surat yang sudah dicontreng, maka akan dinyatakan sebagai surat suara rusak.

"Itu kesalahan percetakan, kemungkinan hal itu terjadi karena tinta masih basah dan ada rambut yang menempel, kemudian dilipat jadinya memanjang. Tapi nanti akan diklarifikasi, sesuai dengaan temuan," tuturnya.

Laporan: Ramuna | Depok

Angkot Listrik Bogor (ALIBO) dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

PLN berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor mengoperasikan SPKLU khusus Angkutan Umum Perkotaan Berbasis Listrik di Kota Bogor (ALIBO).

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024