Hidayat Nur Wahid

"Tinggal Hitungan Hari Kok DPT Belum Valid"

VIVAnews - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Hidayat Nur Wahid, berharap kasus dugaan manipulasi Daftar Pemilih Tetap Jawa Timur tak masuk pengadilan. Hidayat mencemaskan, jika diproses secara hukum, pelaksanaan Pemilu bisa terganggu.

"Memang amat disesalkan, mengapa saat tinggal hitungan hari saja, DPT yang ada belum bisa valid dan verifikatif, bahkan ada yang diindikasikan fiktif," kata Hidayat di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 23 Maret 2009. "Tapi opsi untuk memundurkan Pemilu adalah opsi yang tidak sesuai Undang-undang, rawan, dan tidak kondusif untuk demokrasi kita, karena bila tanggal pemilu legislatif diundurkan, maka jadwal pemilu presiden juga akan terganggu."

Kalau sampai tanggal 20 Oktober 2009, presiden baru belum bisa dilantik, maka akan jadi apa Indonesia pada tanggal 21 Oktober 2009. "Indonesia bisa chaos, padahal kondisi ini tidak diatur dalam konstitusi kita.  Karena itu sudahlah, kondisinya sekarang adalah seperti ini. Waktu kita terlalu pendek. Jangan lagi saling menyalahkan. Seluruh pihak harus bekerja sama," katanya.

Sekarang Komisi Pemilihan Umum, pemerintah, dan partai-partai politik, bekerja sama untuk bisa menghadirkan DPR yang betul-betul valid. Soal DPT ini jangan dijadikan isu politik semata, untuk membuat KPU menjadi gamang dan mendelegitimasi pemilu. "Saatnya seluruh pihak dituntut untuk bersikap negarawan. Pemerintah jangan lepas tangan, KPU dan KPUD jangan gamang dan jangan sekedar berwacana, dan partai politik jangan hanya menuntut," ujarnya.

Hidayat lalu berharap soal DPT ini tidak diserahkan ke pengadilan, karena bisa memunculkan masalah hukum baru yang entah kapan selesainya. Hal itu pun dapat mengakibatkan ketidakpastian hukum tentang kapan pemilu akan diselenggarakan. "Jadi mari duduk bersama untuk memverifikasi data yang ada, supaya jadwal Pemilu 9 April dan agenda politik berikutnya tidak terganggu, sehingga dapat dihasilkan DPR dan pemerintah yang legitimate," ujarnya.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Sebelumnya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan memasalahkan DPT Jawa Timur yang diduga dimanipulasi. Partai banteng itu menemukan manipulasi DPT di empat kabupaten di Jawa Timur.

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Serentak 2024. Ia dikabarkan akan maju pada Pilgub Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024