Pemain Naturalisasi

10 Oriundi Terbaik

VIVAnews - Kebesaran timnas sepakbola Italia juga tak lepas dari peran pemain-pemain naturalisasi. Pemain-pemain yang di Italia dikenal dengan sebutan Oriundi ini juga telah menjadi bagian penting sejarah sepakbola Italia.

Istilah Oriundi sendiri awalnya diberikan bagi para imigran yang akhirnya menjadi penduduk asli Italia. Namun istilah ini dikenal luas di sepakbola untuk menyebut pemain naturalisasi.

Amerika Latin menjadi penyumbang terbanyak bagi para pemain naturalisasi di timnas Azzurri hingga saat ini. Tak heran jika istilah Oriundi saat ini lebih bergeser diperuntukan bagi pesepakbola Italia kelahiran Amerika Latin.

Argentina menjadi negara terbanyak yang menyumbang talenta-talenta sepakbola di timnas Italia. Terbaru adalah gelandang Juventus, Mauro Camoranesi yang berhasil menjadi bagian dari kesuksesan Azzurri menjadi kampiun Piala Dunia 2006 lalu.

Inilah 10 Oriundi Terbaik Azzurri seperti yang dilansir Channel4:

10. Giovanni Moscardini (Skotlandia)

Nama skotlandianya adalah Johnny Moscardini. Mantan striker Genoa ini telah bermain sembilan kali buat timnas Italia dengan koleksi tujuh gol. Moscardini juga menjadi satusatunya pemain kelahiran Skotlandia yang bermain untuk timnas Italia. Moscardini masuk ke Italia selama Perang Dunia I pada 1919 dan membela Lucca sebagai klub yang dibelanya.

9. Miguel Montuori (Argentina/Chile)

Playmaker kelahiran Argentina ini juga mempunyai darah Chile. Montuori adalah legenda Fiorentina pada tahuan 1950-an. Total Montuori telah bermain sebanyak 12 kali buat timnas Italia dengan koleksi duga gol.

8. Enrique Guaita (Argentina)

Pemain berjuluk Il Corsaro Nero ini bermain untuk Roma dari 1933 hingga 1935. Bersama Giallorossi di musim pertamanya, Guaita telah mencetak 29 gol dalam 28 pertandingan. Sebelum membela Italia, Guaita juga pernah membela timnas Argentina. Bersama Azzurri, Guaita teah bermain 10 kali dan mencetak 5 gol termasuk satu gol kemenangan ke gawang Austria di semifinal Piala Dunia 1934. Italia sendiri akhirnya menjadi juara.

7. Attila Sallustro (Paraguay)

Inilah idola Napoli setelah Diego Maradona. Ialah pemegang rekor gol terbanyak Napoli hingga saat ini dengan koleksi 107 golnya. Sallustro membela Partenopei dari musim 1926 hingga 1937.

6. Mauro Camoranesi (Argentina)


Winger kanan Juventus ini adalah pemegang rekor Oriundi yang paling banyak membela Azzurri. Camoranesi memecahkan rekor ini (43 laga) pada Februari 2003 lalu saat di panggil Giovanni Trapattoni. Tak hanya itu, pencapaian terbaiknya adalah saat mengantarkan Italia menjadi kampiun Piala Dunia 2006 di Jerman.

5. Omar Sivori (Argentina)

Memulai debutnya di timnas Italia pada April 1961. Pemain yang dijuluki El Cabazon ini telah bermain sebanyak sembilan kali buat Azzurri. Sivori juga menjadi salah satu pemain terbaik yang dimiliki Juventus. Bersama La Vecchia Signora, Sivori telah bermain di 253 laga dengan koleksi 167 gol.

4. Luis Monti (Uruguay)

Monti adalah satu dari tiga Oriundi yang membantu Italia memenangkan Piala Dunia 1934. Pemain berjuluk Luisito ini bermain 18 kali dan mencetak satu gol bersama timnas Italia.

3. Juan Schiaffino (Uruguay)

Schiaffino adalah pemain kunci timnas Uruguay saat merebut juara Piala Dunia 1950. Rekor kontraknya ke Milan sebesar 72 ribu poundsterling membuat Schiaffino akhirnya membela timnas Italia. Total empat laga ia jalani bersama Azzurri.

2. Raimondo Orsi (Argentina)

Striker elegan ini hijrah ke Italia pada 1929 dan bergabung denga Juventus. Pada debutnya Desember 1929, Orsi berhasil mencetak dua gol saat Italia menekuk Portugal 6-1. Total 35 laga dia lakoni bersama Azzurri dengan torehan 13 gol.

1. Jose Altafini (Brasil)

Dari semua Oriundi, nama Altafini menjadi yang paling populer. Striker AC Milan ini berhasil merengkuh gelar Piala Dunia 1958 bersama timnas Brasil. Bersama Milan, Altafini berhasil merasakan dua gelar scudetto dan Piala Eropa pada 1963. Bersama Selecao, Altafini bermain di delapan pertandingan dengan koleksi 4 gol. Sedangkan di timnas Italia, mantan striker Napoli dan Juve ini bermain enam kali dengan torehan 5 gol.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram
Ilustrasi: Polisi di lokasi kecelakaan.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Dalam peristiwa kecelakaan pengemudi mobil sedan yang menabrak pemotor dan PKL terdapat satu orang meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024