Jelang Pemilu, Baru 23% TKI Masuk DPT

VIVAnews - Menjelang pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) pada 9 April 2009, baru 23 persen tenaga kerja Indonesia (TKI) yang masuk daftar pemilih tetap (DPT).

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

TKI yang terdaftar baru 1,4 juta orang dari total enam juta pekerja Indonesia di luar negeri.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Erman Suparno, mengatakan, masih minimnya TKI yang terdaftar karena letak tempat kerja dengan lokasi pemilihan umum berjauhan.

"Sebagian besar dari mereka bekerja di tempat yang jauh, misalnya di perkebunan-perkebunan, sehingga tidak bisa dipaksakan untuk menunaikan hak politiknya," kata Erman dalam keterangan pers ketika berdialog dengan TKI di Desa Sido Urip, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Sabtu malam 28 Maret 2009.

Namun, Erman melanjutkan, pihaknya sudah mengupayakan proses sosialisasi melalui Atase Ketenagakerjaan di masing-masing negara penempatan. "Karena ini hak asasi, jadi diserahkan ke masing-masing TKI untuk ikut pemilu atau tidak," katanya.

Sebelumnya, Depnakertrans telah menerima laporan sebanyak 900 ribu TKI di Malaysia dan 300 ribu orang TKI di Hong Kong telah terdaftar sebagai pemilih.

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh
VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024