Solusi IT Perusahaan

PT Timah Adopsi SAP NetWeaver

PT Timah telah berhasil meng-upgrade solusi SOA (Service Oriented Architecture) bertajuk SAP NetWeaver, platform teknologi SAP untuk mengintegrasikan aplikasi yang terbuka.
 
"Kita memilih SAP karena bilamana manajemen ingin memiliki segala informasi operasional secara real time tersedia di monitor, PT Timah harus mengembangkan solusi SAP-nya dan mengimplementasikan proses bisnis SAP secara lengkap (end-to-end)," ujar Alwin Albar, Kepala Sistem Informasi PT Timah.
 
Sebagai perusahaan pertambangan timah terbesar kedua di dunia, 
PT Timah yang kini menambang sekitar 55,000 ton timah per tahunnya dari daratan dan perairan di lima pulau besar Indonesia, memilih bekerja sama dengan SAP Consulting untuk membangun platform yang mampu mendukung pertumbuhan bisnisnya.
 
Dari jumlah tersebut, sekitar 80 persen produksi timah berasal dari daratan yang merupakan hasil penambangan tanah endapan timah, sedangkan 20 persen sisanya berasal dari aktivitas pengerukan pasir laut secara intensif, yang mana setiap bulannya berhasil menjaring lebih dari 31 juta kubik meter pasir dari dasar laut.
 
Proses upgrade dibagi menjadi tiga tahapan penting. Pada tahap awal, tim melakukan upgrade pada implementasi SAP yang telah terpasang ke versi solusi SAP terkini, yaitu SAP ERP 6.0. Tahap kedua mencakup implementasi modul-modul fungsional spesifik, yang meliputi modul Financials and Controlling (FICO), Materials Management (MM), Payroll, Business Information Warehouse (BIW), dan sebagainya.
 
Pada tahap terakhir, perusahaan yang memproduksi 99 persen batangan timah murni dengan berat masing-masing mulai dari 16 kilogram hingga 26 kilogram tersebut membangun fondasi baru yakni SAP NetWeaver. Pada tahap ini, SAP Consulting bekerjasama dengan para staf tehnikal PT Timah untuk merancang, mengimplementasi, menguji coba dan menginstal solusi SAP.
 
"Implementasi ini disinyalir hanya memakan waktu sekitar tiga bulan. Ini merupakan kerjasama pertama kami dengan SAP Consulting, dan mereka memastikan tidak ada masalah dengan proses implementasi solusi SAP ini," kata Alwin.
 
SAP NetWeaver, yang saat ini sudah berjalan di Astra Honda Motor (AHM) dan Jatis Group, merupakan solusi SOA dalam arsitektur sistem TI yang terdiri dari komponen-komponen penghubung yang memungkinkan user tidak perlu lagi menulis kode untuk proses bisnis karena telah diganti dengan protokol standar seperti pada Web services.
 
Lebih dari itu, SAP NetWeaver bukan sekedar middleware, melainkan platform teknologi untuk integrasi aplikasi yang terbuka. Disebut terbuka karena mendukung standar industri dan cocok dengan piranti pengembangan terkemuka seperti Java 2 Platform, Java Enterprise Edition, Microsoft.NET dan IBM WebSphere.

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, buka suara terkait permohonan kubu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) yang memintanya jadi saksi di MK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024