Monopoli Carrefour

Akuisisi Alfa, Biaya Pemasok Melonjak 120%

VIVAnews - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menemukan indikasi penyimpangan monopoli dengan kenaikan biaya yang ditanggung pemasok lebih tinggi 120 persen setelah akuisisi PT Carrefour Indonesia terhadap PT Alfa Retailindo Tbk.

Sebelum akuisisi pada 2007 lalu, term perdagangan tanpa listing fee yang dibebankan ke pemasok mencapai 13 persen. Paska akuisisi PT Carrefour Indonesia biaya tersebut naik hingga 33 persen.

"Naiknya 120 persen. Ini sangat tinggi," kata Direktur Komunikasi KPPU di kantornya, Jalan Ir Juanda, Jakarta, Rabu 2 April 2009.

Junaidi mengatakan, dari total term perdagangan turunan, PT Carrefour memberikan diskon promosi 6 persen, padahal sebelum akuisisi diskon promosi hanya 3,5 persen. Salah satu produk yang diduga dampak dari akuisisi ini terdapat pada produk kosmetik.

Junaidi menjelaskan, potongan harga kosmetik setelah akuisisi 2008 yang diberikan Carrefour 8,75 persen. Padahal sebelum akuisisi hanya 2,5 persen. "Produk yang terindikasi sangat beragam. ini salah satunya," katanya.

Junaidi menyontohkan, seorang pemasok memasukkan barang dengan harga normal Rp 20.000 per unit di jual ke Carrefour seharga Rp 17.500 per unit. Selanjutnya kepada konsumen Carrefour menjual seharga Rp 12.500 per unit. Perhitungan itu didasarkan pada net sales yang diberikan perusahaan.

Sejak ditangani tim KPPU 31 Maret lalu, Junaidi menjelaskan, pihaknya akan mengklarifikasi kepada kedua pihak baik terlapor maun pelapor dan menerima saran dan masukan dari berbagai lembaga. "Kami minta keterangan kepada dua pihak dalam waktu 30 hari," katanya. Indikasi awal menunjukkan PT Carrefour Indonesia melampaui batasan struktur dengan pengusaan pasar diatas 50 persen.

Dia mengatakan, pernyataan pasar dari PT Carrefour sebesar 7 persen boleh jadi berasal dari pangsa pasar tidak tunggal pada rentang waktu dan tempat tertentu. "Ada indikasi awal melanggar dua pasal yaitu pasal 17 mengenai struktur hulu dan hilir serta pasal 25 mengenai perilaku," tutur Junaidi.

Usut Penyebab Kebakaran Toko Frame di Mampang, Polisi Bakal Gelar Olah TKP Pekan Depan
Mansory Vespa Elettrica Monaco Edition

Mansory Sulap Vespa Elettrica Menjadi Skuter Mewah

Mansory, rumah modifikasi kenamaan asal Jerman kembali membuat gebrakan di dunia otomotif dengan meluncurkan Vespa Elettrica Monaco Edition. Skuter ikonik Italia ini menj

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024