Dugaan Suap Proyek Dermaga

"Pertemuan Four Seasons Bahas Krisis Global"

VIVAnews - Kepala Badan Kebijakan Fiskal Departemen Keuangan, Anggito Abimanyu menyatakan pertemuan 19 Februari 2009 di Hotel Four Seasons membahas soal desain stimulus untuk menghadapi krisis global.

"Tuduhan AHD (Abdul Hadi Djamal soal kenaikan dana stimulus Rp 2 triliun itu tidak benar," kata Anggito dalam rilis yang diterima wartawan, Senin 6 April 2009. 

Menurut Anggito, dirinya menyampaikan desain stimulus fiskal kepada anggota Panitia Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat di Hotel Four Seasons itu. Para legislator, sambungnya, kemudian memberikan berbagai tanggapan dan usalan atas desain yang dia sampaikan. " Mulai dari postur defisit, instrumen stimulus, realokasi belanja, dana dekon atau DAK dan kebutuhan tambahan belanja," jelas Anggito. Seorang pejabat Direktorat Jenderal Anggaran, ungkap Anggito, mencatat semua usulan dan tanggapan itu.

Para anggota yang hadir dalam pertemuan malam itu, kata Anggito, menyatakan akan membawa semua usulan ke pertemuan pleno Panitia Anggaran.

"Pada 23 Februari (2009), Menteri Keuangan dalam pemaparan dalam Pleno Panitia Anggaran sudah menyampaikan usulan awal stimulus Rp 71,3 triliun," kata dia.

Dengan demikian, kata Anggito, pertemuan 19 Februari di Four Seasons tidak menyimpang. "Dan tidak terkait dengan kasus yang menimpa AHD (Abdul Hadi Djamal)," ujar Anggito.

Lagipula, tambahnya, dalam pertemuan Four Seasons, tidak ada keputusan yang diambil dan tidak ada aliran uang.

Sebelumnya, Abdul Hadi beberapa kali menyebut nama Anggito sebagai perwakilan Pemerintah dalam membahas kenaikan dana stimulus Rp 2 Triliun dimana dana itu diantaranya akan digunakan untuk membangun dermaga di Indonesia bagian Timur.

Abdul Hadi ditangkap penyidik 2 Maret lalu bersama pegawai Departemen Perhubungan Darmawati Dareho. di salah satu sudut Jalan Sudirman Jakarta. Dari tangan para tersangka, penyidik menyita uang US$90 ribu dan Rp 54,5 juta.

Di tempat terpisah, penyidik juga menangkap pengusaha yang juga rekanan pembangunan dermaga itu, Hontjo Kurniawan dikediamananya. Diduga, uang yang diamankan dari tangan Abdul Hadi, berasal dari Hontjo.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik
Ilustrasi lokasi pembacokan.

Siswa SMP Dibacok dan Dibegal Saat Pulang Sekolah Sendirian

Seorang siswa SMP di Depok, Jawa Barat, menjadi korban begal. Korban dibacok di bagian punggung hingga luka sobek parah. Korban langsung dilarikan ke rumah sakit untuk me

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024