Waduk Pluit Bocor

VIVAnews - Waduk Pluit bocor. Kebocoran ini mengakibatkan rembesan air mencapai 2 meter kubik per detik. Kondisi ini diketahui sejak akhir pekan lalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Budi Widiantoro, mengatakan, kebocoran diakibatkan konstruksi waduk yang memang sudah tua sekitar 42 tahun. "Sekarang sudah kami tutup sementara dengan bronjong dan batu kali," ujarnya, Senin 6 April 2009.

Di waduk Pluit ada 11 pompa dengan kapasitas berbeda. Pomda paling barat berkapasistas 18 meter kubik per detik, tengah 16 meter kubik per detik, dan di sisi lain yang mengalami kebocoran berkapasitas 12 meter kubik per detik.

Kebocoran terjadi di kolam olakan. Kolam yang konstruksinya dibuat tahun 1967 ini menampung air dari pompa berkapasitas 12 meter kubik per detik yang terhubung langsung ke laut. "Untuk mengatasinya empat pompa kita stop operasinya dan kolam kita keringnya sambil kita perbaiki," ujarnya. 

Budi mengatakan, kebocoran waduk Pluit tak membahayakan pemukiman seperti jebolnya tanggul Situ Ginbtung. Kebocoran hanya mengganggu operasional distribusi air.

Ada keretakan di empat titik pada kolam olakan. Perbaikan permanen dilakukan dengan membuat kolam olakan baru dilapis beton. Anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 15 miliar untuk pembuatan kolam dan rumah travo. Target pembangunannya selesai Desember tahun ini.

Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah
Promo voucher triv

Trading Kripto untuk Pemula Cuan Hanya di Sini

Trading crypto merupakan kegiatan jual beli aset kripto di sebuah platform. Aset kripto ini, bisa diperdagangkan antar pengguna di platform.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024