Pemilu 2009

Kurang Sosialisasi, Narapidana Bingung Milih

VIVAnews - Narapidana di lembaga pemasyarakatan Narkotika Cipinang Jakarta rata-rata memerlukan waktu lebih dari lima menit untuk mencotreng pilihannya.

"Banyaknya pemilih dan minimnya sosialisasi pemilu berdampak pada molornya waktu hingga penghitungan suara," kata Kepala Seksi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik Lembaga Pemsayarakat Narkotika Cipinang Triwibowo, Kamis 9 April 2009.

Sebagai catatan, kata dia, LP Narkotika Cipinang dihuni 2451 narapidana. bilik yang diberikan Komisi Pemilihan Umum (KPU), kata dia, ada tiga. "Agar memperlancar, kami menambah bilik suara," kata dia.

Logistik KPU baru tiba pada dinihari tadi, pukul 01.00 WIB. Bilik yang diberikan KPU, kata dia, ada 18 bilik untuk enam Tempat Pemungutan Suara (TPS), yakni TPS 112-117.

TPS itu, kata dia, disebar di tiga blok, yakni blok A, B, dan C dimana masing-masing TPS terdapat sekitar 800 pemilih.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

"Kami sudah memperkirakan kalau prosesnya agak lambat karena kurangnya sosialisasi," kata Triwibowo. Sebagai bentuk antisipasi, kata dia, pengelola Cipinang menambah dua bilik suara lagi di masing-masing TPS.

Hal itu dibenarkan salah satu narapidana, Natanael (24). Dia mengaku butuh waktu lima menit lebih untuk menentukan pilihan. "Saya bingung karena banyak banget calonnya," kata dia.

Pantauan VIVAnews, narapidana yang menunggu giliran nyontreng akhirnya memanfaatkan waktu melihat calon-calon legislatif yang terpajang di dinding.

Ditambahkan Triwibowo, narapidana memiliki akses yang minim terhadap sumber informasi dari luar, termasuk dari televisi.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

"Apalagi, mereka (narapidana) kan tidak ikutĀ  kampanye," tambahnya.

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani di Jalan Kertanegara 16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin 5 Februari 2024

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

Sekretaris Jenderal Gerindra mengatakan kemenangan Prabowo Subianto bukan akhir dari perjuangan melainkan awal perjuangan untuk mewujudkan cita-cita proklamasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024