PBB Siap Perkarakan Kecurangan Pemilu

VIVAnews - Partai Bulan Bintang siap memperkarakan kecurangan-kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu 2009. Partai akan menghimpun bukti-bukti, khususnya menyangkut Daftar Pemilih Tetap.

"Kalau untuk serangan fajar, kita yakin ada, tapi sulit membuktikannya. Tapi kalau soal DPT banyak buktinya. Kita akan permasalahkan itu dan akan gabung dengan partai-partai lain untuk memperkarakan masalah ini," kata Ketua DPP Partai Bulan Bintang Yusron Ihza Mahendra kepada VIVAnews, Jumat 10 April 2009.

Yusron menduga ada kecurangan secara sistematis terkait DPT yang berbasis IT sehingga sulit ditembus siapa-siapa, dan faktor ini harus diperhitungkan. "Sebab kecurangan ini ikut menggoyang partai kami," kata Yusron. PBB dalam hasil penghitungan cepat sejumlah lembaga survei hanya meraup suara antara 1,7-1,9 persen.

Sebagus apapun metodologi penghitungan baik yang dilakukan KPU maupun lembaga-lembaga survei, kata Yusron, jika pemilu dilakukan dengan kecurangan, maka hasilnya akan bias. "Bahan bakunya kan sudah bias," kata dia.

Dalam pelaksanaan Pemilu 2009, masalah DPT menjadi sorotan tajam. Sebab kesalahan dalam entry data DPT terjadi hampir di seluruh daerah pemilihan.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik
Ilustrasi lokasi pembacokan.

Siswa SMP Dibacok dan Dibegal Saat Pulang Sekolah Sendirian

Seorang siswa SMP di Depok, Jawa Barat, menjadi korban begal. Korban dibacok di bagian punggung hingga luka sobek parah. Korban langsung dilarikan ke rumah sakit untuk me

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024