IDF Spring 2009

Intel Perlihatkan Wafer Larrabee

VIVAnews - Intel, produsen semikonduktor asal Santa Clara, California diperkirakan akan segera merilis kartu grafis mereka. Produk grafis mereka yakni Larrabee merupakan chip grafis dengan multi core prosesor.

Produsen chip terbesar di dunia itu telah memperlihatkan wafer berukuran 300 milimeter berisi chip-chip Larrabee di ajang Intel Developer Forum (IDF) Spring 2009 yang berlangsung di Beijing 8 April 2009. Ini merupakan bukti bahwa solusi discrete graphics atau kartu grafis terpisah Intel sudah makin dekat, dan Intel akan segera menantang ATI dan Nvidia di bidang kartu grafis.

Seperti VIVAnews kutip dari Softpedia, 11 April 2009, pada awalnya Pat Gelsinger, Senior Vice President and General Manager of the Digital Enterprise Group, Intel membicarakan detail mengenai prosesor Xeon 5500 mereka yang baru diluncurkan. Ia juga kemudian mengulas tuntas seputar arsitektur Nehalem untuk jajaran keluarga produk server dan desktop, chip Westmere yakni chip prosesor 32 nanometer mereka, lalu menyebutkan chip Larrabee yang sudah ditunggu-tunggu pasar sejak lama. Sayangnya Gelsinger tidak mengungkapkan banyak detail mengenai chip yang akan datang tersebut. Informasi mengenai kecepatan kerja core, memory clock, dan desain keseluruhan Larrabee masih dirahasiakan.

Meski begitu, ia menyebutkan bahwa Intel akan menghadirkan kartu grafis pertama dengan chip Larrabee di akhir tahun ini, atau selambat-lambatnya di awal 2010. Yang pasti, saat ini Intel sedang dalam proses uji coba terhadap chip Larrabee tersebut. Menurut berita yang dilansir sebuah situs hardware berbahasa Perancis baru-baru ini, chip tersebut memiliki ukuran yang cukup besar, serupa dengan chip yang digunakan pada produk GT200, chip 65 nanometer dari Nvidia. Arsitektur dan banyaknya jumlah core kemungkinan membuat chip tersebut membutuhkan banyak jumlah transistor.

Salah satu misteri yang masih belum terungkap seputar chip Larrabee adalah teknologi proses yang digunakan untuk membuatnya. Sempat muncul informasi bahwa Intel akan menggunakan proses 45 nanometer. Tetapi bila mengingat bahwa Intel sedang menyelesaikan adopsi ke proses produksi 32 nanometer, maka kemungkinan besar bahwa chip Larrabee akan dibuat dalam proses manufaktur yang lebih baru.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025
Ilustrasi depresi/stres.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Stres adalah respons alami tubuh terhadap tekanan atau tuntutan dalam hidup. Hal ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti pekerjaan, hubungan atau masalah keuangan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024