Freeport Indonesia Akan PHK Masal Karyawannya

VIVAnews - PT Freeport Indonesia disinyalir akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) masal pada para karyawannya. Saat ini, 67 karyawannya di Jakarta sudah dikenai PHK

Menurut Juru Bicara Pekerja Freeport Halim Sandere, Freeport berencana melakukan PHK terhadap tiga ribu karyawannya di Papua setelah melakukan PHK pada 67 orang karyawannya.

Dia mengatakan, 67 pekerja yang mendapatkan perlakukan PHK itu saat ini menuntut keadilan, karena dipecat dengan alasan yang tidak jelas. "Kami meminta keadilan, karena kami sudah bekerja bertahun-tahun tapi mendapat perlakukan seperti ini," ujar dia kepada wartawan di Pengadilan Hubungan Industrial Jakarta, Selasa, 14 April 2009.

Menurut dia, pada tanggal 10 Desember 2008 lalu, Freeport mengajukan surat PHK kepada 67 orang tersebut untuk ditandatangani tanpa sosialisasi dan pemberitahuan. Namun, dari enam puluh tujuh orang tersebut, lima di antaranya tidak bersedia menandatangani berkas itu sehingga Freeport melakukan gugatan.

Dengan demikian, kata Halim, pihaknya merasa pemecatan dilakukan semena-mena tanpa ijin dari Departemen Tenaga Kerja (Depnaker). Selain itu, Freeport juga dalam keadaan tidak pailit di tengah krisis global sekarang ini. "Kami juga tidak diberi kesempatan didampingi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI)," kata dia.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara
Ketum PSS Erick Thohir bersama Emil Audero Mulyadi

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, blak-blakan soal pertemuan dengan kiper Inter Milan, Emil Audero. Akankah Emil akan jadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia terbaru.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024