Analisa Martinez dos Santos

Awas, Chris John!

Chris John siap mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu (57,1 kg) WBA kali ke-10 dan duel wajib kali ke-6 melawan Hiroyuki Enoki. Berat badannya di bawah takaran berat tarung, tapi kondisi fisik dan psikisnya agak mengkhawatirkan. Berikut adalah analisa wartawan GO Sport Martinez dos Santos

Di atas kertas Chris John unggul. Ia juara bertahan WBA dan sudah sembilan kali mempertahankannya. Pengalaman dan kemampuan teknis bertinjunya pun di atas Enoki. Tapi, yang agak mengkhawatirkan publik tinju Indonesia adalah kondisi fisik dan mentalnya yang tak stabil. Ketika pemeriksaan kesehatan, Rabu (22/10), Chris John tak dalam kondisi prima. Suhu badannya mencapai 37, 4 celcius, denyut nadi 60, dan tekanan darah 130/90. Sebaliknya, Enoki cukup stabil. Suhu badan Enoki 36,2 celcius, denyut nadi 54, dan tekanan darah 120/76.

Melihat kondisi Chris John yang di luar kelaziman juara-juara dunia itu, Joe Koizumi, kolumnis tinju terkenal Jepang langsung mewawancarai Chris John dan dimuat di fightnews. Ia bertanya kepada Chris John: kondisi Anda seperti ini apakah karena grogi? Chris John menjawab: tak masalah, kondisi saya baik. Memang kondisi fisik dan psikis Chris John seperti ini bukan baru kali pertama terjadi. Hampir di setiap duel mempertahankan gelar, suhu badan, denyut nadi, dan tekanan darah Chris John kerap di atas normal. Tapi, faktanya ia bisa mengatasi lawan-lawannya. Dan, kita berharap itu terjadi dalam duel nanti.

Yang cukup menggembirakan, berat badan Chris John kali ini di bawah berat duel: 57,1 kg. Ketika penimbangan badan, Kamis (23/10), berat Chris John hanya 56,9 kg. Ini membuktikan Chris John sangat siap melawan Enoki. Padahal, biasa jelang timbang badan, Chris John sering bergelut dengan kelebihan berat 1 sampai 2 kg. Sebaliknya, berat Enoki tepat 57,1 kg. Enoki pun tampak siap berhadapan dengan Chris John. Kondisi mental Enoki pun oke.

Chris John dan Enoki akan berjibaku di Korakuen Hall, Tokyo, Jepang, Jumat 24 Oktober 2010. Masyarakat Indonesia tentu sangat berharap Chris John bisa memenangi pertarungan dan membawa kembali sabuk juaranya. Apalagi ia satu-satunya putra Indonesia yang saat ini menyandang gelar juara dunia setelah Mohamad Rachman tumbang tahun lalu. Tapi, kita tak cukup hanya berharap, perlu juga dukungan doa. Sebab, Enoki – meski di atas kertas kualitas dan pengalamannya di bawah Chris John – lebih baik dari dua petinju Jepang yang pernah dikalahkan Chris John. Mereka yang pernah dikalahkan itu adalah: Osamu Sato (4 Juni 2004) dan Zaiki Takemoto (19 Agustus 2008). Chris John harus ekstra hati-hati. Sebab, Enoki memiliki kelebihan: pukulan jab yang aktif dan berbahaya, kekuatan pukulan lumayan, pantang mundur, dan ia terus melakukan serangan dari ronde ke ronde (fighterr sejati). Di luar itu, Enoki bertanding di kandang sendiri dan tentu didukung penuh para penonton.

Lantas, ia dan sasananya, Kadoebi Gym sangat berambisi menjadi juara dunia. Bahkan, Enoki sudah menghafal kemampuan Chris John melalui tiga rekaman duel Chris John ketika melawan Sato, Takemoto, dan Roinet Caballero (26 Januari 2008). “Saya siap mengalahkan Chris John dengan KO,” ujar Enoki, mantan juara nasional Jepang (2004-2005), dan juara OPBF (2006-2008).

Chris John yang biasa tampil tenang dan percaya diri itu tak mau digertak begitu saja. “Lihat saja di atas ring, saya akan memberikan yang terbaik,” kata Chris John. Ya, kita tunggu Chris John akan mempersembahkan yang terbaik.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah
VIVA Otomotif: Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Berita yang membahas mengenai adu laris Fortuner vs Pajero Sport dan Shin Tae-yong mudah beli Palisade, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024