Bank IFI Ditutup

Nasabah Tak Puas Penjelasan LPS

VIVAnews - Banyak nasabah Bank IFI yang  bingung tidak diberitahu bagaimana mencairkan tabungan dan deposito mereka. Pihak bank hanya memberi penjelasan umum mengenai ketentuan penjaminan simpanan.

Salah seorang nasabah Kantor Cabang Bank IFI Gatot Subroto,  Bram, 45 tahun, mengatakan dia hanya mendapat penjelasan umum mengenai penjaminan dari Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS).

Bram menyatakan setelah mengetahui Bank IFI dihentikan operasionalnya pagi tadi, dirinya langsung mendatangi kantor cabang yang terletak di lobby menara Jamsostek tersebut. "Saya diberi formulir pengambilan bilyet dan tabungan tetapi tidak diberitahu teknis pengambilan dan waktunya," katanya kepada VIVAnews, Jumat 17 April 2009.  

Menurutnya, manajemen kantor Bank IFI cabang tidak dapat memberi jawaban atas pertanyaan mengenai teknis pencairan dana. Selain menjadi nasabah deposito minioptima, Bram juga menyimpan uang koperasi karyawan Sekar Makmur Jamsostek.  Setelah mendapat formulir pencairan, Bram mengatakan akan menunggu pemberitahuan selanjutnya. "Saya tidak begitu khawatir karena tabungan saya masih dilindungi LPS," katanya.

Nasabah lainnya, Nining, 30 tahun yang juga memiliki tabungan dan deposito minioptima mengatakan bingung terhadap penjelasan dari manajemen bank IFI. "Saya bingung, tapi saya lihat pegawai bank sendiri lebih syok karena mereka juga baru tahu," katanya. Nining mengaku dirinya sempat mempromosikan menggunakan produk Bank IFI kepada rekan kerja dan kenalannya mengenai deposito karena produknya murah dan memberi keuntungan.

Menurut Bram, Bank IFI Cabang Gatot Subroto adalah pionir bank yang ada di menara Jamsostek. Kantor cabang ini dibuka tahun 2002 lalu.  Faktor kedekatan lokasi dengan tempat kerjanya membuat Bram dan ratusan orang yang berkantor di gedung tersebut menggunakan bank IFI." Bank yang pertama kali ada di Jamsostek Bank IFI," tuturnya.

Saat ini di lobi Menara Jamsostek selain Bank IFI, terdapat dua kantor cabang masing-masing Bank Permata dan Bank Mandiri.

Sejak pukul 10.00 WIB, beberapa nasabah terlihat mendatangi Bank IFI. Oleh pihak manajemen mereka diberi penjelasan atas likuidasi Bank IFI. Beberapa karyawan yang berkantor di menara Jamsostek terlihat penasaran dan mengamati pengumuman yang ditempel di pintu masuk Bank IFI. Salah satu karyawan di Menara Jamsostek, Hendra, mengatakan melihat pemberitahuan penutupan bank IFI dari televisi. "Ingin tahu saja," katanya pendek.


Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila
Ilustrasi jenis sabu.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

– Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Malang berhasil membongkar praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024