DPRD Usul Restrukturisasi BLU Transjakarta

VIVAnews - Komisi B DPRD DKI Jakarta yang membidangi perekonomian dan transportasi mengusulkan restrukturisasi Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta. Usulan itu segera dikirim ke Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Ketua Komisi B DPRD Aliman A'at mengatakan, isi surat tersebut arahnya restrukturisasi serta permintaan pembentukan perseroan terbatas (PT) untuk BLU Transjakarta. Hal itu dikatakan usai bertemu BLU dan Konsorsium Transjakarta, Jumat 24 Oktober 2008.
 
Komisi B menganggap manajamen BLU Transjakarta amburadul. Banyaknya proyek busway yang tak berjalan menjadi acuan usulan restrukturisasi ini. BLU Transjakarta dinilai lebih baik jika menjadi perusahaan perseorangan yang tidak terikat birokrasi Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta.

"Kalau jadi BLU sudah barang tentu birokrasi akan terus mempengaruhi. Saya melihat dari Pemprov sendiri kurang kontrol terhadap BLU Transjakarta," ujarnya 

Banyaknya proyek busway yang masih terbengkalai cukup memprihatikan mengingat subsidi dari pemerintah cukup besar, yakni Rp 263 milyar. Sementara pendapatan BLU Transjakarta sebesar Rp 250 milyar. "Dana itu kan besar tapi pengadaan bus saja belum beres-beres sampai sekarang," kata Aliman.

Aliman pun khawatir proyek busway koridor VIII-X yang ditargetkan beroperasi tahun 2009 gagal.
Kekhawatiran itu bukan tanpa sebab mengingat kekurangan 40 armada di koridor IV-VI juga belum tuntas. 

Kementerian Perdagangan dan Penegak Hukum Diminta Lebih Tegas Tangani Peredaran Oli Palsu
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

Cara Presiden Jokowi yang bagi-bagi bansos dekat spanduk pasangan 02 Prabowo-Gibran di Serang, Banten dipersoalkan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024