Manusia Kutil Asal Lampung Jalani Operasi

VIVAnews - Zainal penderita penyakit Veruca Vulgaris Generalisata atau kutil di seluruh tubuh yang menyerupai terumbu karang hari ini menjalai operasi pengangkatan kutil di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta.

Warga asal Bandar Lampung yang telah menjalani perawatan di RSPAD sejak tanggal 7 Mei 2008 itu mejalani operasi yang ke 11 untuk membersihakan seluruh kutil yang ada di tubuhnya.

Operasi melibatkan 32 tim medis yang terdiri dari dokter bedah plastik, kulit dan kelamin hingga dokter spesialis antomi dan patologi idinik.

Menurut ketua tim dokter, Asrofi S, operasi ini akan memakan waktu sekitar lima jam. Operasi terhadap Zainal akan dilakukan hingga 12 kali.

Dalam jarak tiga minggu operasi telah berhasil mengangkat kutil yang diakibatkan oleh kuman Papilloma virus tipe 2, yang sama menyerang pada Dede, manusia akar asal Bandung.

"Biaya yang dikeluarkan sudah 267 juta, namun baru 52 juta yang kami dapat dari Jamkesmas Depkes," ujar Asrofi, Senin 20 April 2009.

Penyakit tersebut telah diderita zainal sejak 15 tahun lalu. Awalnya hanya berada di sekitar tangan. Namun, sejak dua tahun terakhir kutil itu terus bertambah hingga bagian badan dan kepala.

Saat berobat di Rumah Sakit Tentara Bandar Lampung, Zainal kemudian di rujuk ke RSPAD Jakarta.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir
YouTuber Daud Kim (Jay Kim)

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

Daud Kim memposting permintaan maaf di Instagram-nya tetapi langsung menghapusnya dengan cepat, yang mendorongnya untuk mengambil langkah dan mengungkap kejahatannya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024