Maret, Pengunjung Twitter Naik 131%

VIVAnews - Popularitas Twitter semakin meluas. Menurut data ComScore Media Metrix, jumlah pengunjung Twitter menyentuh 9,3 juta, tumbuh pesat secara global sebesar 131 persen dibandingkan bulan lalu, yang sekitar lima juta pengunjung.

Dalam blognya, yang dikutip VIVAnews dari InformationWeek, Senin 20 April 2009, ComScore mensinyalir drastisnya pertumbuhan pengunjung Twitter disebabkan adanya atensi media di dalam situs mikro-bloggingnya.

“Atensi media memberi pengaruh yang besar,” kata Andrew Lipsman, jurubicara Twitter dalam blog tersebut. “Sepertinya Anda tidak akan menemukan warta berita serupa di situs lain selain Twitter,” ucapnya.

Lipsman juga memaparkan salah satu kasus, yang mana seorang bernama Newt Gingrich memanfaatkan Twitter untuk mengkritisi Presiden AS Barrack Obama dalam menangani perompakan di Somalia. Posting Gingrich tersebut kemudian dikutip oleh awak CNN, Rick Sanchez, dan selanjutnya berita itu tersebar luas ke nasional bahkan internasional. Berita tersebut sekaligus menandai Twitter sebagai wujud baru media komunikasi massa.

Menurut pengamatan Lipsman, pengguna Twitter memang umumnya adalah pecandu berita. “Mereka cenderung menyambangi portal-portal berita dua hingga tiga kali lebih sering dibandingkan pembaca biasa,” katanya.

Karena itu, dia menambahkan, daya pikat Twitter yang menyuguhkan berita-berita consumer-centric menyebabkan besarnya pertumbuhan pengunjung. “Pembaca lebih menyukai berita-berita yang dekat dengan kehidupan mereka sehari-hari. Itulah sebabnya, mereka memilih Twitter,” jelas Lipsman.

“Suka atau tidak, Twitter telah merevolusi dengan cepat ekosistem pemberitaan dalam dunia media, dari jurnalis ke konsumer. Twitter mengaburkan batas keduanya,” ucapnya.

Advokat Arif Edison Divonis 1 Tahun Penjara, Ini Tanggapan Jhon LBF dan Machi Achmad.
Menteri Kabinet Indonesia Maju Buka Puasa Bersama Presiden Jokowi di istana

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Wakil Presiden Maruf Amin dan Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 20

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024