Pemilu 2009

Tabulasi Tak Capai Target, KPU Salahkan ICR

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum akan mengevaluasi penggunaan Intelligent Character Recognition (ICR) dalam proses tabulasi surat suara secara online pada Pemilihan Presiden 2009.

"Kami masih mengkaji apakah lambatnya proses tabulasi di Borobudur kemarin karena ICR," kata anggota KPU, Endang Sulastri, Selasa 21 April 2009.

Soal Flu Singapura, Menkes Singgung Virus Terus Berkembang

Ia mengakui bahwa proses tabulasi selama di Hotel Borobudur memang berjalan lambat. "Makanya tidak mencapai target," kata dia.

Meski demikian, Endang melanjutkan, sampai saat ini belum ada keputusan apakah Pemilihan Presiden tidak akan menggunakan ICR lagi.

Pekan Depan, MK Batasi Jumlah Saksi di Sidang Sengketa Pilpres 2024

"Memang ada suara yang menyatakan ICR tidak perlu digunakan. Tapi belum ada keputusan," sambungnya.

Pasalnya, kata dia, peraturan mewajibkan pemilu menggunakan ICR, termasuk pilpres. Selain itu, sambungnya, mungkin saja kompleksitas calon legislatif dan partai politik menjadi salah satu faktor kelambatan tabulasi.

Sejak penentuan penggunaan teknologi ICR, beberapa pihak telah mempertanyakan dan memperingatkan KPU tentang resiko yang terjadi. Namun KPU tetap saja bergeming dan jalan sendiri.

KPU tak mengindahkan alternatif teknologi SMS yang jauh lebih murah dengan cakupan yang lebih luas. Selain itu, KPU juga sama sekali tak menghiraukan rekomendasi tim ahli IT KPU di awal yang menyarankan penggunaan Optical Mark Recognition (OMR) yang sudah teruji di ujian nasional atau UMPTN.

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?
Fiorentina vs AC Milan

Prediksi Serie A: Fiorentina vs AC Milan

Fiorentina vs AC Milan dalam lanjutan Serie A matchday ke 30 di Stadion Artemio Franchi, Minggu 31 Maret 2024, pukul 02.45 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024