Industri Kreatif Sumbang 6,3% PDB

VIVAnews - Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menyatakan, industri kreatif telah menyumbang hingga 6,3 persen produk domestik bruto. Karena itu, perkembangan industri kreatif akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Mari mengatakan, dari industri kreatif itu, 27 persen di antaranya merupakan industri kerajinan. "Industri kreatif melibatkan 700 ribu Usaha Kecil Menengah dan 1,8 juta tenaga kerja," kata Mari dalam pembukaan pameran kerajinan INACRAFT 2009, di Balai Sidang Jakarta, Rabu 22 April 2009.

Industri kreatif pada 2009, Mari mengatakan, bukan tidak mungkin akan meningkatkan perekonomian, mengingat potensi dalam negeri yang mencapai 230 juta orang. Belum lagi penduduk di bawah 23 tahun yang persentasenya di atas 5 persen.

Menurut Mari, pelaksanaan INACRAFT dari tahun ke tahun meningkatkan angka penjualan, baik dalam pameran maupun selepas pameran. Ekspor kerajinan sejak 2004, naik dari US$ 400 juta menjadi US$ 630 juta, walaupun INACRAFT 2008 mengalamai penurunan akibat krisis. "Saya yakin pameran ini akan mendorong kenaikan ekspor," katanya.

Peningkatan antusias ini terlihat dari seluruh stand yang terisi penuh di area Balai Sidang Jakarta (JCC). 55 perusahaan tidak dapat ikut partisipasi dalam pameran ini. Pameran akan berlangsung pada 22 - 26 April.

Catherine Wilson Ngaku Malu, Mobil Pemberian Idham Masse Ditarik Pihak Leasing
Hartono Bersaudara, Pemilik Klub Sepak Bola Italia Terkaya

Hartono Bersaudara, Pemilik Klub Sepak Bola Italia Terkaya

Selama lebih dari sepuluh tahun, konglomerat Hartono Bersaudara yakni Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono adalah orang terkaya di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024