Jeffrey Winters: Mega Bukan Lawan SBY

VIVAnews - Pengamat ekonomi politik Jeffrey A Winters memperkirakan lawan Susilo Bambang Yudhoyono bukanlah Megawati Soekarnoputri. Megawati dianggap tidak mempunyai modal dan track record. Kinerja PDI Perjuangan pimpinan Megawati terus merosot.

"Barangkali pilihan presiden hanya SBY dan satu figur lain, tapi kemungkinan besar bukan Megawati," kata pengamat asal Amerika Serikat itu di Jakarta, Rabu 22 April 2009.

Dia mengatakan, faktor yang menentukan dalam pemilihan presiden adalah uang (dana yang besar), bukan aliansi atau koalisi. SBY dianggap mempunyai mempunyai daya kuat bagi rakyat, pun kuat dari sisi pendanaan. Sementara Golkar juga dianggap partai kaya, namun terpecah-pecah.

Sedangkan PDI-P dianggap tidak mempunyai dana yang besar, sehingga mempersulit kondisi Megawati. Selain itu suara PDI-P yang terus menurun telah memukul mental Megawati-Taufik Kiemas. Pada pemilu 1999, suara PDIP mencapai 33 persen, pada 2004 mencapai 18 persen, dan pada 2009 mencapai 14 persen. Selain itu Megawati sudah ditolak rakyat pada saat menjadi penguasa dulu.

"Apakah Mega siap secara mental untuk ditolak lagi? Bahwa uangnya kurang dan track record pada pemilu, PDI-P bukan naik malah turun," katanya.

Dia mengatakan pemilihan presiden lebih menarik diikuti karena partai-partai bingung dengan aliansinya. Menurutnya, tidak ada partai yang benar-benar mengusung ideologis. "Tidak ada kombinasi yang mustahil. Partai-partai sama sekali tidak punya perbedaan sikap ideologi prioritas, semua sama," katanya.

Sayang Jeffrey tidak menyebutkan siapa tokoh yang akan menjadi lawan SBY. Ia hanya menyindir bahwa Jenderal Purn Wiranto akan sulit mengalahkan SBY. "Kalau dari sisi tampan, Wiranto jauh lebih tampan dari SBY, namun bisa jadi lawan berat Wiranto. Lalu siapa? Anda tebak sendiri," ujarnya sambil bercanda.

Shanju Lalukan Hal Tak Terduga Saat Jonatan Christie Raih Gelar Juara All England 2024
Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi

Menteri Budi Arie Sebut Kominfo Take Down Ribuan Hoaks Soal Pemilu 2024

Ribuan isu hoax di-take down sejak dimulai tahapan Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024