Ratusan Warga Lombok Terkena Wabah Diare

VIVAnews - Wabah penyakit diare yang melanda empat kecamatan di Kabupaten Lombok Timur, dimana lebih dari 300 warga hari ini mendatangi puskesmas setempat. Bahkan dua pasien di puskesmas Batuyang, Kecamatan Pringgabaya meninggal.

Empat Kecamatan di Kabupaten Lombok Timur, diantaranya Kecamatan Aik Mel, Wanasaba, Pringgabaya dan Kecamatan Sambeliya. Atas kejadian tersebut, pemerintah Kabupaten Lombok Timur menetapkan status kejadian luar biasa.

Kepala Puskesmas Aik Mel, dokter Budi Wahyu Widowati, mengatakan kasus diare ini disebabkan oleh bakteri ecoli yang terkandung dalam air minum. Warga mengkonsumsi air sungai yang tidak dimasak terlebih dahulu.

"Kami sudah lakukan observasi dari keterangan masyarakat menyatakan warga biasa meminum air mentah," ujarnya kepada wartawan di Mataram.

Sementara itu di Puskesmas Batuyang, Pringgabaya juga merawat 106 pasien diare. Puskesmas tersebut terpaksa mendirikan tenda darurat untuk menampung pasien.

Pasien meninggal atas nama Husairi 28 tahun warga Bagek Kedok Daya Apitaik Dan Epa Sira 4 bulan warga Bageg Papan. Korban meninggal akibat diare akut dan terlambat dibawa ke puskesmas. "Meninggal setelah dirawat selama enam jam," kata dr Emmy Tirtarisanty.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024