Taliban Mundur Dari Buner Islamabad

VIVAnews - Kelompok militan Taliban telah mundur dari distrik Buner, 100 kilometer dari Islamabad, dan kembali ke Lembah Swat.

Terpopuler: Indonesia U-23 Fenomenal, Ernando Ari Kepikiran Arkhan Fikri

Menurut Juru bicara Taliban Muslim Khan, penarikan anggotanya dari Buner bertujuan untuk membuka jalan bagi pembicaraan perdamaian.

"Saya tidak tahu pasti jumlah anggota kami yang telah meninggalkan Buner, namun mereka menggunakan 15 kendaraan kembali ke Swat," ujar Khan seperti dikutip laman stasiun televisi Al Jazeera, Sabtu, 25 April 2009.

Pemerintah Pakistan membenarkan penarikan mundur Taliban. Namun, sejumlah warga Buner pengikut kelompok ini masih terlihat di jalanan dengan senjata lengkap.

"Sekitar 200 warga lokal pendukung Taliban berpatroli di jalanan," kata petugas senior kepolisian Buner Abdul Rasheed Khan.

Taliban berhasil menguasai distrik Buner pada Rabu, 22 April 2009. Buner memiliki sekitar satu juta penduduk dan merupakan gerbang memasuki kota kedua terbesar di provinsi Frontier Barat Laut, Mardan.

Kejatuhan Buner memang belum berarti Taliban akan segera menguasai Islamabad. Namun, aksi itu menunjukkan kekuatan kelompok ini semakin besar dan menimbulkan kekhawatiran mengenai kemampuan pemerintah mengatasi Taliban.

Pimpinan Ponpes Tajul Alawiyyin, Habib Bahar bin Smith

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Artikel top trending pertama yakni mengenai Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep tengah disorot oleh para pembaca

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024