Antisipasi Flu Babi

Seluruh Pintu Masuk Indonesia Disiagakan

VIVAnews - Mencegah masuknya virus flu babi ke Indonesia, Departemen Kesehatan telah menyiagakan semua pintu masuk di seluruh wilayah Indonesia terutama pendatang dari negara-negara yang sedang terjangkit.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Departemen Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama,mengatakan departemen kesehatan mengaktifkan thermal scanner, yang pernah digunakan untuk memindai flu burung, dan memastikan pemindai suhu tubuh itu bekerja dengan baik.

"Untuk memantau orang yang masuk melalui bandar udara maupun pelabuhan laut, serta melakukan koordinasi intensif dengan Rumah Sakit rujukan di tempat masing-masing," kata Tjandra seperti dikutip laman Departemen Kesehatan.

Dalam surat Departemen Kesehatan No PM.01.01/D/I.4/1221/2009, seluruh dinas kesehatan di wilayah Indonesia juga harus mewaspadai  semua kasus dengan gejala mirip influenza  dan segera menelusuri riwayat kontak dengan binatang (babi). Demikian juga dengan pneumonia, harus terus dipantau.

Depertemen kesehatan juga membuka layanan telepon (021) 4257125 untuk menampung laporan kecurigaan penyakit flu babi. Koordinasi juga terus dilakukan dengan pihak-pihak terkait untuk mencegah flu babi.

"Departemen Kesehatan juga telah berkoordinasi dengan Dirjen Peternakan Departemen Pertanian RI untuk mengantisipasi penyebaran flu babi," tambah Tjandra.

Wabah virus flu babi menyerang Meksiko, data terakhir menyebutkan sekitar 81 orang diduga tewas akibat flu mematikan itu. Flu babi juga diduga telah menyebar di wilayah Amerika Serikat dan Selandia Baru.

Analisa awal pusat pengendalian penyakit AS atau Centers for Disease Control, virus babi yang menyerang Meksiko  merupakan kombinasi material genetik dari flu babi, flu burung, dan flu manusia. Para ilmuwan mengkhawatirkan akan ada virus baru yang efeknya lebih ganas dan massif daripada virus flu burung.

PSI Ajukan 10 Gugatan Hasil Pileg, MK Pastikan Anwar Usman Tak Ikut Tangani
Pertemuan Prabowo Subianto dengan Surya Paloh Nasdem

Surya Paloh Akui Berkontemplasi Lama Sebelum Putuskan Gabung ke Koalisi Prabowo

Surya Paloh mengatakan, pilihan untuk bergabung ke koalisi Prabowo-Gibran itu merupakan keputusan yang baik.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024