Divestasi 17% Saham Newmont

Kalau Mahal, Ngapain BUMN Beli Newmont

VIVAnews - Kementerian BUMN mengungkapkan pemerintah masih akan mengkaji lebih mendalam terkait rencana pembelian 17 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara. Pemerintah akan melakukan due diligence terhadap aset tersebut.

"BUMN tidak bisa asal beli Newmont," ujar Alexander Rusli, staf khusus Kementerian BUMN kepada VIVAnews di Jakarta, Senin, 27 April 2009. "Sekarang, kami masih buta soal harga beli saham Newmont."

Menurut dia, pemerintah akan menghitung dulu dari sisi IRR-nya (internal rate of return). IRR merupakan suatu indikator bagi perusahaan untuk melakukan investasi atau tidak. Jika IRR tinggi, maka ekspektasi pengembalian investasi akan tinggi, tapi jika IRR rendah, maka pengembalian investasi juga rendah.

"Kalau IRR di atas 10 persen, pemerintah akan mempertimbangkannya untuk membeli," kata Alex.

Kementerian BUMN akan memperhatikan dulu harga yang ditawarkan oleh Newmont. "Kalau harganya terlalu mahal, ngapain BUMN taruh duit di Newmont," kata dia. "Mendingan investasi di tempat lain."

Menteri PUPR: 61 Bendungan Bakal Rampung di Oktober 2024

Sesuai dengan putusan arbitrase internasional, Newmont dinilai melanggar aturan kontrak karya yang diteken dengan pemerintah Indonesia. Karena itu, Newmont diwajibkan menjual 17 persen sahamnya yang gagal dijual selama tiga tahun lalu.

Mobil Pikap angkut puluhan orang di Pamekasan terguling

Mobil Pikap Sarat Muatan Terguling di Pamekasan, Belasan Orang Terkapar di Jalan

Mobil pikap yang mengangkut rombongan ibu dan anak-anak di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mengalami kecelakaan tunggal hingga terguling di jalan raya. Belasan orang luka

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024