Pesawat Latih TNI AL Jatuh

TNI AL Bentuk Tim Penyelidik

VIVAnews - Untuk memastikan apa sebenarnya penyebab kerusakan, yang mengakibatkan pesawat mendarat darurat, TNI AL akan membentuk tim penyelidikan dari pusat penerbang Angkatan Laut.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama Iskandar Sitompul mengatakan, padahal sebelum diterbangkan pesawat buatan Amerika Serikat itu sudah melewati cek kelayakan.

"Usia pesawat pun masih muda, baru 6 tahun," kata Laksaman Pertama Iskandar Sitompul, kepada wartawan, Selasa 28 April 2009.

Pesawat latih milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut mendarat darurat di Pantai Maron, Semarang Selatan Jawa Tengah. Pendaratan darurat dilakukan karena pesawat mengalami kerusakan mesin.

Iskandar Sitompul mengatakan dua orang anggota TNI AL menjadi korban dalam kejadian itu. Yaitu pilot pesawat Letnan Kolonel Iman dan satu orang anak buahnya yang belum diketahui namanya. "Mereka mengalami luka-luka, dan sedang dirawat di rumah sakit," ujar Iskandar.

Kronologis kejadian ini, kata Iskandar dimulai saat pesawat latih jenis Tobacco-10 itu take off dari Bandara Ahmad Yani Semarang. Setelah mengudara beberapa saat pada pukul 10.30 WIB terjadi gangguan mesin. "Daripada dipaksa malah jatuh, maka didaratkan darurat saja," ujar Iskandar.

Pendaratan dilakukan disekitar persawahan dan tambak. Namun pesawat mengalami kerusakan cukup parah karena saat akan mendarat terkena hempasan angin kencang. "Sayapnya patah," kata Iskandar.

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana
Ilustrasi Mobil Patroli Polisi

Viral Jambret Bawa Kabur Mobil Patroli Polisi di Jaksel, Begini Kronologinya

Seorang jambret membawa kabur mobil patroli polisi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis, 28 Maret 2024 dini hari. Aksi jambret ini viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024