AS Akhirnya Punya Menteri Kesehatan Baru

VIVAnews - Setelah berbulan-bulan tanpa menteri kesehatan, Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, akhirnya melantik pejabat baru. Dia adalah gubernur negara bagian Kansas, Kathleen Sebelius.

Sebelumnya, penunjukkan Sebelius mendapat dukungan besar dari Senat AS. Melalui pemungutan suara di Gedung Kongres, Washington DC, Selasa 28 April 2009 waktu setempat, Sebelius mendapat dukungan 65 senator, sedangkan 31 lainnya menolak.

Kubu Partai Demokrat yang berkuasa di Kongres mendesak agar segera diambil keputusan, sehingga menteri kesehatan yang baru bisa segera memimpin upaya pemerintah dalam menangani penyebaran flu babi, yang telah menginfeksi puluhan warga AS.

"Kami berada di tengah krisis global," kata Senator Chris Dodd, "Yang tidak kami punya di sini adalah kepala Departemen Kesehatan dan Pelayanan Masyarakat," lanjut Dodd.

Segera setelah pemungutan suara, Sebelius pensiun sebagai gubernur Kansas dan berangkat menuju Washington untuk diambil sumpahnya. Perempuan berusia 60 tahun itu bersumpah di Ruang Oval Office, Gedung Putih.

"Kami ingin dia segera diambil sumpah karena kami memiliki masalah kesehatan masyarakat yang membutuhkan perhatiannya segera," kata Presiden Barack Obama. Sebelius segera mengikuti pengarahan bersama penasihat keamanan dalam negeri Obama, John Brennan, di Situation Room, Gedung Putih. Selain Brennan, hadir pula pejabat lain dalam pemerintahan Obama yang hari ini memasuki hari ke-100.

Senat belum mengambil tindakan atas nominasi dari Obama untuk deputi menteri kesehatan dan pelayanan masyarakat atau komisioner untuk Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA). Obama juga belum mengumumkan nominasi untuk jabatan kunci lain, termasuk ahli bedah dan asisten untuk melakukan persiapan dan respon.

Belum ada juga penunjukan untuk jabatan kepala Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit, yang mempekerjakan 65 ribu orang dan memiliki anggaran US$ 750 miliar.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC

Meski flu babi akan menjadi pekerjaan utama Sebelius, dia juga akan bertanggung jawab dengan sistem kesehatan masyarakat AS senilai US$ 2,5 triliun untuk mengurangi pengeluaran dan membiayai sekitar 50 juta warga AS yang tidak tercakup dalam asuransi. (AP)

Ilustrasi game changer.

Proyek Ini jadi 'Game Changer'

Game changer merupakan istilah yang mengacu pada perubahan atau inovasi yang mendasar dalam industri atau pasar yang mengubah dinamika yang ada dan ciptakan standar baru.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024