Menghemat Anggaran

DKI Tutup Jalan Rusak dengan Aspal Bekas

VIVAnews - Hampir 50 persen atau sekitar sembilan juta meter persegi kualitas jalan di DKI Jakarta berada di level yang rendah. Terkait hal itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membuat sistem Performance Based Maintenace Contract untuk pemeliharaan jalan di Jakarta.

Sistem pemeliharaan atau perawatan jalan yang akan digunakan tersebut nantinya akan menggunakan aplikasi teknologi recycling hotmic.

"Dengan sistem ini efisiensi biaya perawatan jalan dapat mencapai 25 persen dengan produksi minimum 100.000 ton pertahun," ujar Wakil Gubernur, Prijanto di Balaikota, Rabu 29 April 2009.

Sitem ini kata Prijanto berbeda dengan sistem perawatan jalan yang biasa digunakan pemda. Selama ini jika ada perbaikan jalan rusak, sistem perbaikannya dengan mengeduk aspal pada jalan.

Hasil kedukan jalan dibuang dan tidak digunakan kembali. "Dengan sistem yang baru kedukan tidak akan dibuang lagi dan diolah untuk dijadikan aspal yang bisa digunakan untuk melapisi jalan yang rusak. ujar Prijanto.

Pemerintah DKI Jakarta mengeluarkan anggaran sebesar Rp 400 miliar pertahun untuk melakukan perawatan jalan di Jakarta.

Dengan aplikasi teknologi recycling hotmic ini DKI bukan hanya bisa menghemat anggran 25 persen. Tetapi juga sistem ini dinilainya lebih ramah lingkungan dan bisa mengurangi material alam serta dapat memperoleh emisi karbon.

Apabila 30 persen jalan di Jakarta atau 5,4 juta meter persegi dilakukan perbaikan dengan sistem recycling terdapat efisiensi biaya mencapai RP 363,718 juta.

"Mungkin kita bisa melakukan perawatan jalan dengan sistem ini pada 2010 mendatang, karena 2009 anggaran sudah diketok, dan sistem ini harus dikaji lagi karena alat yang digunakan cukup mahal," ujarnya lagi.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memprioritaskan penerapan sistem perawatan di jalan protokol di DKI Jakarta dan akses menuju kawasan ekonomi.

"Survei jalan mana yang bisa diperbaiki dengan sistem ini sudah dilakukan, sistem perawatan jalan ini sudah diujicoba di Jawa Tengah," katanya.

Miris! Anak Isa Bajaj Diduga Alami Kekerasan hingga Berdarah saat Bermain di Alun-alun Magetan
Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Wayan Koster

Heboh Baliho Giri Prasta untuk Bali Tak Ada Corak PDIP, Wayan Koster Merespons Sinis

Giri Prasta merupakan kader PDIP sekaligus Bupati Kabupaten Badung dua periode. Baliho bergambar Giri yang marak sama sekali tak ada corak PDIP.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024