30 April 1975

Perang Vietnam Berakhir

VIVAnews - Perang Vietnam berakhir 30 April 1975 setelah Pemerintah Vietnam Selatan di Saigon menyerah tanpa syarat kepada pasukan Vietnam Utara.

Laman stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa Presiden Duong Van Minh, yang baru menjabat selama tiga hari, memerintahkan pasukannya untuk meletakkan senjata dan menyerukan agar Pasukan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan menghentikan permusuhan. Pengumuman menyerah itu diikuti dengan kedatangan pasukan Vietnam Utara.

Kedatangan mereka tidak dihalang-halangi. Sebagai akibatnya, Saigon segera berganti nama menjadi Ho Chi Minh City. Pernyataan dari Pemerintah Revolusioner Sementara di Paris, Prancis, menjanjikan kebijakan tidak memihak, dan penyatuan secara damai di Vietnam.

Pemerintah Vietnam Selatan menyerah hanya empat jam setelah terjadi evakuasi besar-besaran warga Amerika Serikat di Saigon. Presiden AS saat itu, Gerald Ford, yang meminta bantuan kemanusiaan bagi Vietnam, bangga karena telah menyelamatkan masyarakat Vietnam dengan melakukan evakuasi warga AS menggunakan helikopter.

Namun, evakuasi itu merupakan penghinaan bagi pemerintahan AS karena terjadi huru-hara dan putus asa dalam beberapa jam terakhir kehadiran warga AS di Vietnam. Ford memerintahkan kapal-kapal AS untuk tetap berada di perairan Vietnam untuk menjemput para pengungsi. Namun tindakan ini dicerca oleh Vietnam Utara, yang berusaha mencegah para pengungsi melarikan diri.

Viral Ramalan Hard Gumay Soal Chandrika Chika: Kurangi Aktivitas yang Banyak Melanggar Aturan
Ari Sigit, cucu mantan Presiden Suharto

4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Suci Winata Masih Setia

Baru-baru ini, Ari Sigit menjadi pusat perhatian di media sosial. Cucu Soeharto itu telah sah menjadi suami dari Suci Winata. Awalnya, perhatian terhadap mereka muncul se

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024