Mangkuk Zaman Romawi Kuno

VIVAnews – Saat makan sup atau sayur berkuah kalian pasti menggunaan mangkuk. Ternyata wadah makan berbentuk mangkuk yang biasa kita gunakan itu sudah ada sejak zaman Romawi Kuno.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Para arkeolog Inggris baru saja menemukan mangkuk yang berasal dari zaman Romawi. Mangkuk tersebut ditemukan di pemakaman kuno kota tua London. Mangkuk yang dijuluki ‘millefior’ itu, diperkirakan berasal dari abad ke-2 atau ke-3 sebelum Masehi.

Terdapat banyak ukiran bunga berwarna biru dengan pinggiran garis putih.

Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

"Temuan ini sangat mengagumkan karena mangkuk yang berasal dari zaman Romawi Kuno ini masih dalam bentuk yang sempurana," kata Jenny Hall, seorang kurator dari Museum of London Dockland.

Arkeolog memperkirakan mangkuk tersebut sebenarnya berwarna merah. Tetapi karena terus-menerus terkena air dalam waktu lama, warnanya berubah menjadi biru.

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Mangkuk tersebut ditemukan sekitar tiga meter di bawah tanah pemakaman kuno di Aldgate, London Timur. Selain mangkuk, artefak lain yang ditemukan adalah keramik dari tanah liat dan botol kaca yang berisi minyak wangi.

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka, menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu malam, 24 April.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024