Asal Usul Pasta Gigi

VIVAnews - Setiap pagi, saat mandi dan menjelang tidur kalian pasti selalu menyikat gigi menggunakan pasta gigi. Selain untuk membersihkan gigi, ada juga pasta gigi yang bisa memperkuat gigi.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Bayangkan jika tidak ada pasta gigi, kita pasti akan kesulitan untuk membersihkan dan membuat gigi menjadi sehat. Sebelum pasta gigi ditemukan, orang membersihkan gigi dengan bubuk bata atau batang kayu siwak.

Tapi ternyata pasta gigi sudah ada sejak 5000 tahun lalu. Tepatnya di peradaban Mesir Kuno. Masyarakat Mesir dulu membuat sebuah formula untuk membersihkan gigi mereka. Formula tersebut berbeda dengan pasta gigi yang kita gunakan sekarang.

Dukcapil Jakarta Sebut 8,3 Juta Warga Akan Ganti KTP Saat DKI Berubah Jadi DKJ

Pasta gigi masyarakat Mesir kuno terbuat dari campuran kuku lembu jantan yang dihancurkan, tepung, batu apung dan debu dari cangkang telur yang telah dibakar.

Bentuknya seperti bubuk untuk membersihkan gigi. Saat itu belum ada sikat gigi, jadi mereka membersihkan gigi dengan jari-jarinya.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Menurut naskah kuno dari Persia, sekitar 1000 tahun lalu masyarakat mulai menambahkan bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan untuk membuat pasta gigi bubuk.

Untuk pasta gigi berbentuk krim seperti yang kita gunakan sekarang baru ditemukan pada abad ke 19. Perusahaan yang memproduksi pertama kali pasti gigi berbentuk krim seperti yang kita gunakan saat ini adalah perusahaan Colgate, yang berada di Amerika Serikat.

TikToker Galih Loss

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Galih Loss menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh umat muslim atas konten yang dibuatnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024