Toko Online

Saingi iTunes, Wal-Mart Potong Harga

Saat ini, penjualan musik Wal-Mart tertinggal cukup jauh dengan iTunes milik Apple. Mereka juga menyadari bahwa bersaing dengan iTunes dari sisi pilihan konten tidak memungkinkan karena mereka baru memiliki 3 juta pilihan lagu bebas DRM (digital restrictions management).

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Salah-satu cara yang paling mudah adalah bersaing dari sisi harga. Sebagai contoh, lagu yang masuk peringkat Top-10 kini dijual seharga 74 sen per lagu. Standarnya, lagu teresbut dijual seharga 94 sen. Dibandingkan dengan lagu yang sama yg dijual di iTunes, harganya lebih hemat antara 5 sampai 25 persen.

Selain itu, Wal-Mart juga tawarkan “free track of the week” alias lagu gratis minggu ini. Mulai November depan, bagi pengunjung yang membeli CD lagu yang dijual di toko online tersebut, ia juga akan mendapatkan sebuah lagu MP3 gratis yang bisa ia pilih sendiri. Harga satu album lagu yang dijual online bervariasi, mulai dari 5,64 sampai 9,22 dolar AS. Tetapi ada juga album yang dijual di atas 10 dolar, seperti Carnival Ride dari Carrie Underwood (13,88 dolar) dan Revelation dari Journey (10,88 dolar).

Dibanding Wal-Mart, iTunes memiliki jumlah pilihan konten yang jauh lebih banyak. Sekitar 8,5 juta lagu, 30 ribu episode serial televisi, dan 2500 film yang 600 di antaranya dalam format high definition. Tetapi tidak ada indikasi dari iTunes untuk memangkas keuntungan dari penjualan lagunya yang mencapai 99 sen per lagu.

Yang jadi masalah, dari keuntungan 99 sen tersebut, Apple dikabarkan harus membayar sekitar 70 sen terhadap pemegang hak cipta dan 9 sen ke penyanyinya. Selisih yang tersisa digunakan untuk menutup biaya operasional dan meraih keuntungan. Jika ingin menyamai harga yang digunakan Wal-Mart, yakni 74 sen per lagu, Apple akan menanggung kerugian.

Wal-Mart sendiri bukan satu-satunya kompetitor iTunes. Dada.net milik Sony menjual paket yang terdiri dari 15 lagu seharga 10 dolar per bulan, atau kira-kira 66 sen per lagu. Tentunya jika pengguna tersebut membeli 15 lagu dalam satu bulan tersebut.

Kembali ke toko MP3 Wal-Mart, jika Anda ingin melihat-lihat koleksi dagangan yang ada, Anda perlu menggunakan browser Firefox 2.0 atau 3.0, Internet Explorer 6 atau 7, Safari 3, atau Chrome 0.2. Browser seperti Opera 9.5 atau 9.6, Netscape, atau yang lainnya belum didukung.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary

Nasib 5 Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok

Polda Metro Jaya mengklaim masih mengusut kasus lima oknum polisi diduga pesta narkoba. Dengan begitu, bakal dilakukan pengusutan perihal dugaan pelanggaran etik serta pi

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024