Jelang Pemilu 4 November 2008

Obama Kalahkan American Idol

VIVAnews - Iklan berdurasi 30 menit yang menampilkan “bintang” Barack Obama dan ditayangkan Rabu malam 29 Oktober 2008 di tujuh jaringan televisi di Amerika, berhasil menuai sukses perolehan rating yang spektakuler.

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

Harian The New York Times edisi 31 Oktober 2008 menulis, iklan tersebut lebih populer dibandingkan tayangan pertandingan final World Series dan final terakhir American Idol musim lalu.

Jumlah penonton yang menyaksikan iklan kandidat presiden Partai Demokrat ini jauh melampaui ekspektasi para petinggi jaringan televisi, dan juga para pakar politik yang menganggap Obama melakukan “pembunuhan besar-besaran” dengan membeli setengah jam tayang di begitu banyak jaringan televisi.

Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako

Menurut Nielsen Media Research, iklan Obama ditonton oleh 33,55 juta penonton. Di tiga jaringan televisi utama yang menayangkan secara khusus, penonton berjumlah lebih dari 25 juta, sedangkan penonton pertandingan World Series di Fox sebelumnya hanya ditonton oleh rata-rata 19,8 juta penonton.

Tayangan khusus ini juga disiarkan di Univision dan tiga jaringan televisi kabel lainnya, MSNBC, BET dan TV One.

Russia Delivers Over 29 Tons of Humanitarian Aid for Gaza

“Saya terkejut dengan angka yang berhasil dicapai Obama, ini angka yang luar biasa” kata Leslie Moonves, direktur CBS.
TV MSNBC yang dibeli jam tayangnya di menit-menit terakhir, karena

ABC memilih untuk tetap menayangkan acara Pushing Daisise, berhasil mendongkrak jumlah penontonnya 50 persen dari biasanya, dengan 3,5 juta penonton. Sedangkan acara terpopuler Countdown with Keith Olbermann hanya ditonton 2,1 juta orang.

Keputusan ABC untuk menolak tayangan iklan Obama dan tetap menayangkan Pushing Daisies hanya berhasil menarik 6,7 juta penonton, kalah telak dengan Televisi-televisi lain yang menyiarkan iklan Obama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya