Pentagon Dapatkan Tiga Kandidat Perakit JLTV

VIVAnews – Kontes pemilihan pemasok kendaraan taktis bagi tentara Amerika nyaris usai. Kamis, 30 Oktober 2008, Pentagon mendaulat tiga kandidat perusahaan yang bakal bersaing ketat memasok tunggangan prajurit Paman Sam.

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Ketiga perusahaan itu adalah BAE Systems and Navistar Defense, General Tactical Vehicles (perusahaan patungan antara General Dynamics dan AM General), serta Lockheed Martin.

Persaingan untuk menjadi pemenang dalam proyek miliaran dolar ini dipastikan bakal sangat ketat. Mengingat besarnya nilai angaran yang bakal dialokasikan, Pentagon pun tak akan sembarangan memilih perusahaan mana yan bakal didaulat menjadi rekanan.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Setiap kandidat harus mampu membuat model JTLV (Joint Light Tactical Vehicles)—nama kendaraan perang baru yang diimpikan militer Amerika itu, sesempurna mungkin. Setidaknya, harus lebih mumpuni dari yang pernah ada sebelumnya. Terutama dari sisi ketahanan serta fitur peralatan elektronik.

Namun, untuk urusan sistem pengerak, Pentagon tampaknya akan mengambil pendekatan yang lebih konservatif. Yaitu untuk tetap menggunakan konsep premium untuk mempercepat produksi. Mereka tidak mau mengambil risiko dengan mengadopsi konsep mesin hybrid, meskipun sebelumnya sempat mempertimbangkannya untuk mengefisiensikan penggunaan bahan bakar.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Sebagaimana diberitakan, Departemen Pertahanan dan Keamanan Dalam Negeri AS tersebut saat ini tengah sibuk mencari kendaraan perang yang efisien. Selain irit bahan bakar, kendaraan impian itu juga diharapkan bisa menjadi sumber tenaga bagi perlengkapan eletronik di medan tempur. Setidaknya memiliki fitur tambahan berupa alat generator untuk menyuplai tenaga listrik.

Untuk efisiensi bahan bakar, Pentagon sempat mempertimbangkan mengadopsi mesin hibrida. Namun, Pentagon juga menyaratkan wujud kendaraan itu tidak terlalu besar dan berat. Sehingga helikopter bisa mengangkutnya memakai sling untuk memindahkan. Pastinya, sesuatu yang tidak dapat dilakukan dengan sebuah kendaraan antiranjau (Mine-Resistant, Ambush Protected/MRAP) yang ada saat ini.

Sedikit bocoran, Lockheed Martin akan bekerja sama dengan BAE Systems Mobility and Protection Systems (bekas produsen persenjataan perang) serta Alcoa Defense and JWF Industries, diisukan bakal memperkenalkan dua model JLTV kepada Pentagon. Yaitu Combat Tactical Vehicle Payload Category B dan Utility Vehicle Light Payload Category C. Kedua jenis kendaraan itu memiliki enam varian berbeda. Setiap unit dikabarkan memiliki 90 persen karakteristik umum.

Sementara BAE Systems dan Navistar Defense akan mengumumkan prototipe mereka 27 Februari tahun depan. Navistar adalah perusahaan yang biasa mobil kendaraan antiranjau (MRAP). Ditegaskan, JLTV karya duet mreeka nantinya memang akan tampak seperti mini-MRAP. Namun, standar ketahanan yang dimiliki akan jauh lebih baik dari MRAP yang telah ada sekarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya