Browser Internet

Google Resmikan Chrome Versi 0.3

Setelah umumkan versi Chrome 0.3.154.3 untuk developer, Google diam-diam telah meluncurkan versi resmi dari browsernya yakni Chrome v0.3.154.9 untuk pengguna umum tepat di akhir Oktober lalu. Menurut perusahaan berbasis di Mountain View California tersebut, rilis terbaru browsernya telah mengalami sejumlah perbaikan. Beberapa bug kritis, performa software, serta tambalan terhadap lubang keamanan merupakan perbaikan penting yang telah dilakukan.

Versi awal dari browser yang tersedia untuk 42 bahasa tersebut adalah versi 0.2 dan diluncurkan sekitar satu bulan lalu. Tetapi perhatian pasar terhadap browser ini terus menurun dibandingkan sebelumnya. Menurut Net Applications, perusahaan spesialis statistik internet, Chrome saat ini memiliki pangsa pasar sebesar 0,7 persen. Turun dari 1 persen pangsa pasar di awal September. Meskipun memiliki kesan dan tanggapan yang positif dari pasar, tetapi browser ini masih jauh dari sempurna, dan update kali ini adalah update yang sangat penting bagi browser yang bersangkutan.

Di versi terbarunya, permasalahan seputar pop-up telah diatasi. Scrolling menggunakan touchpad, dan penanganan terhadap situs yang memiliki plug-in seperti Flash, Silverlight, Quicktime, dan Windows Media juga sudah diperbaiki. Crash ketika bekerja dengan PDF dan Adobe Acrobat 9 serta masalah saat bekerja dengan proxy web juga kini sudah tidak muncul. Chrome juga tidak lagi menyimpan data dari web site yang memiliki fitur keamanan. Sejumlah perubahan di sisi layout menu dan opsinya juga telah dilakukan.

Pada Chrome versi terbaru itu, yakni 0.3.154.9, Google telah memodifikasi informasi browser. Sebelumnya, disebutkan bahwa Chrome menggunakan basis Apple WebKit 525.13. Saat ini Google menyebutkan bahwa browser tersebut dibuat oleh Chromium project.

Pengguna Google Chrome yang ingin melakukan update versi browsernya hanya perlu mengklik tombol update di menu [About]. Google juga menyebutkan bahwa dalam beberpa hari mendatang, Chrome akan melakukan update otomatis jika sedang terhubung ke internet. Pengguna yang sedang berselancar di situs-situs Google atau YouTube, misalnya juga akan melihat notifikasi bahwa ada browser terbaru dari Google.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia
Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

KPU mengeklaim bahwa lembaganya sudah menjalin komunikasi secara pribadi kepada liaison officer atau naradamping pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024