Pemilu AS

Pemilu Awal, Obama Sudah Unggul di Dua Kota

VIVAnews - Kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Barack Obama, tampil sebagai pemenang dalam hasil pemungutan suara di kota Dixville Notch dan Hart's Location di negara bagian, New Hampshire. Pemungutan suara nasional secara serentak memang baru akan resmi dimulai pada Selasa pagi waktu Washington DC (Selasa malam WIB). Namun, sesuai tradisi, pemilihan dan penghitungan suara sudah berlangsung di sejumlah tempat di negara bagian New Hampshire, jelang tengah malam.

Berdasarkan penghitungan di Dixville Notch, Obama unggul atas saingannya dari Partai Republik, John McCain, dengan komposisi suara electoral 15 banding 6. Sedangkan di kota Hart's Location, 17 suara untuk Obama dan 10 untuk McCain. Namun masih juga ada 2 suara untuk Ron Paul - kandidat dari Partai Republik yang sudah mengundurkan diri. Sementara itu kandidat Independen, Ralph Nader, kendati masih ikut serta tidak mendapat suara apapun di dua wilayah pemungutan suara tersebut. 

Sejak tahun 1948, wilayah pemungutan suara Dixville Notch mendapat keistimewaan untuk melakukan pemungutan dan penghitungan suara terlebih dahulu jelang tengah malam sebelum pemilu. Begitu juga dengan 21 kota lain yang langsung menggelar pemungutan suara pada menit-menit awal Selasa dini hari.  (AP)  

Pejabat kota Dixville Notch, Rick Erwin, mengatakan puas bahwa pemilu di kotanya kali ini diikuti 100 persen pemilih terdaftar. Di kota ini pulalah, George W. Bush mengawali kemenangan pada pemilu 2004 sebelum akhirnya berhak memerintah AS selama empat tahun berikut.

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali
VIVA Militer: Serah terima jabatan Komandan Yonif 305 Tengkorak Kostrad TNI

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Serah terima baru saja dilaksanakan di lapangan Sadelor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024