Penanganan Banjir

Fauzi Bowo Minta Warga Sabar

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyadari berbagai program penanggulangan banjir belum menunjukkan hasil. Dia minta masyarakat bersabar.

"Memang banyak yang bilang kemajuan nggak ada. Tapi, itu (banjir) kan nggak bisa langsung teratasi," ujar pria yang akrab disapa Foke, di Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa 4 November 2008.

Fauzi mengakui sejumlah program penanggulangan banjir yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum efektif. Tapi dia optimistis dan akan terus melanjutkan program penanggulangan banjir di Jakarta.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta inipun mengingatkan adanya sejumlah program penanggulangan banjir yang akan ditangani Dinas Pekerjaan Umum dalam waktu dekat. "Ya kami kan udah berusaha, tapi jangan diharap hasilnya ideal," ujarnya.

Sepanjang tahun 2008, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menggelontorkan Rp 813 miliar dari APBD untuk mendukung program penanggulangan banjir. Tahun 2007, sebanyak Rp 1,1 triliun juga dicairkan untuk mengatasi bencana tahunan ini. Bahkan, tahun 2009 diperkirakan Rp 2,3 triliun tersedot untuk hal yang sama.

Kenyataannya, aliran triliunan dana itu tak mampu membendung banjir di Jakarta. Kemarin, 3 November 2008, sejumlah wilayah terendam akibat banjir kiriman dari Bogor. Beberapa di antaranya adalah kawasan Bukit Duri, Kampung Pulo, Cawang, dan Cipinang.

Ketua DPRD Sebut Pemkab Klungkung Komitmen Tangani Kerusakan Jalan di Nusa Penida
Komandan al-Quds Brigade Tulkarm, Mohammad Jaber atau Abu Shujaa

Sosok Abu Shujaa, Komandan Perang Al Quds yang 'Bangkit' dari Kematian

Abu Shujaa pun dinyatakan telah tewas oleh Israel pada hari Jumat lalu. Namun, mengejutkannya, Abu Shujaa tiba-tiba 'bangkit dari kubur'.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024