Obama Menang

Volcker dan Rubin Masuk Bursa Tim Ekonomi

VIVAnews - Spekulasi tim ekonomi mulai bermunculan pasca kemenangan Barack Obama sebagai Presiden baru ke 44 Amerika Serikat.

Spekulasi yang berkembang di sejumlah media Amerika dan internasional menyebutkan tiga nama untuk duduk di posisi Menteri Keuangan. Mereka adalah Lawrence Summers, mantan Menteri Keuangan, Tim Geithner, Presiden Federal Reserve Bank cabang New York, dan Paul Volcker, mantan Ketua The Fed.

Summers dikenal dekat dengan Obama dan memainkan peranan penting di Partai Demokrat dalam merespons krisis keuangan di Amerika. Volcker dikenal sebagai mantan Ketua The Fed yang berhasil meredam inflasi pada awal 1980-an. Selama kampanye, Obama sering berkonsultasi Volcker lewat telepon.

Kandidat favorit lainnya adalah, Tim Geithner yang berada di garis depan menghadapi krisis keuangan sejak awal terjadi, termasuk bernegosiasi dengan perusahaan yang terkena krisis. 

Untuk posisi tim ekonomi lainnya, seperti untuk Ketua Dewan Ekonomi Nasional dan Ketua Dewan Penasehat Ekonomi adalah Jason Furman dan Austan Goolsbee. Keduanya juga menjadi penasehat ekonomi dalam kampanye Obama.

Selain sejumlah nama tersebut, Obama kemungkinan akan menunjuk sejumlah nama lain yang memiliki latar belakang di sektor keuangan guna mengatasi krisis keuangan.

Pendeta Gilbert Olok-olok Salat dan Zakat, PBNU: Kami Umat Islam Diajarkan untuk Menahan Emosi

Dia mungkin akan menunjuk Michael Froman, eksekutif di Citigroup dan rekan Obama di Sekolah Hukum. Robert Rubin, Ketua Komite Eksekutif Citigroup dan mantan Menteri Keuangan diperkirakan akan menjadi tokoh berpengaruh, kendati ia kemungkinan enggan meninggalkan Citigroup untuk bergabung dengan tim ekonomi Obama.

Berikut ini sekilas figur kandidat tim ekonomi Obama:

Pengemudi Arogan Pakai Fortuner Pelat Dinas TNI Palsu Sudah Ditangkap

Lawrence Summers
Dia adalah Menteri Keuangan di bawah pemerintah Presiden Bill Clinton dan mantan presiden di Harvard University. Summers menjadi penasihat utama Obama, khususnya saat krisis keuangan mulai meledak pada pertengahan September. Ia dikenal berperan besar dalam mengatasi krisis peso Meksiko, krisis keuangan Asia dan Rusia.  
Timothy Geithner
Presiden Federal Reserve cabang New York ini mewajibkan bank beroperasi sesuai dengan aturan dalam menghadapi krisis keuangan global. Dia mantan pejabat hubungan luar di tim ekonomi Clinton dimana ia bekerja sama dengan mantan Menteri Keuangan Robert Rubin dan Lawrence Summers.

Paul Volcker
Mantan Ketua The Federal Reserve yang berpengalaman besar di industri keuangan dunia setelah meremukkan inflasi yang menanjak pada 1970 dan 1980-an. Dia bergabung dengan Obama pada Januari dan menjadi tokoh kunci dibalik pidato Obama sebagai kandidat Presiden Partai Demokrat dalam mengatasi krisis keuangan. 

Financial Times, Reuters, AP

18 Juta Orang di Sudan Menghadapi Krisis Pangan Akut di Tengah Konflik
Ilustrasi mayat

Anggota Polres Yahukimo Dibunuh OTK, Banyak Luka Tusuk di Tangan hingga Leher

Seorang anggota kepolisian dari Polres Yahukimo, Bripda Oktovianus Buara dianiaya oleh orang tak dikenal (OTK) hingga meninggal dunia. Banyak luka tusukan di tubuh korban

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024